FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2022

    721

    Wapres: Jaga Keislaman, Keindonesiaan, dan Keumatan

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2022).

    Dalam audiensi tersebut, Wapres meminta KAHMI untuk bersama-sama menjaga keislaman, keindonesiaan, serta keumatan.

    “Keislaman itu bagaimana menjaga agama. Ada [menjaga agama] dengan keras, ada yang terlalu lemah, [yang baik bagaimana menjaga] supaya proporsional,” pesan Wapres.

    “Kita juga mempunyai kesepakatan antara agama dan negara, jangan sampai muncul kepahaman yang membenturkan kembali. Saya kira ini menjadi bagian yang harus dipahami oleh generasi muda,” tambahnya.

    Lebih lanjut Wapres menekankan, upaya menjaga agama Islam tersebut bukan hanya untuk kepentingan nasional, melainkan juga untuk kepentingan global, sebagaimana yang pernah ia bahas dengan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohammed Bin Zayed dalam kunjungannya ke Timur Tengah yang lalu.

    “Oleh karena itu, kita harus menjaga [agama Islam], bukan hanya untuk nasional, tapi juga global. Di sisi lain kan juga ada yang fobia terhadap Islam. Ini harus [dijaga] oleh seluruh ormas Islam,” tegas Wapres.

    Terkait keumatan atau kenegaraan, Wapres berharap agar kader-kader KAHMI dapat membantu mempercepat pembangunan nasional, khususnya dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

    “Tinggal 23 tahun. Kalau tidak ada akselerasi, saya kira, bisa tidak tercapai. Kita perlu SDM andal dan pemimpin yang transformatif, inovatif, dan visioner,” imbuh Wapres.

    Sebelumnya, Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Ahmad Doly Kurnia Tandjung menyampaikan undangan kepada Wapres untuk menutup Musyawarah Nasional (Munas) KAHMI ke-11, yang rencananya akan diselenggarakan pada 24 hingga 27 November 2022 mendatang.

    “Sebagai informasi, kami juga sudah diterima oleh Pak Presiden satu bulan lalu. Alhamdulillah, Pak Presiden berkenan membuka acara ini. Kami berharap, Pak Wapres juga berkenan hadir untuk dapat menutup acara kami ini,” ujar Ahmad.

    Ketua Panitia Munas KAHMI Sabaruddin mengatakan, diperkirakan akan hadir 6.000 kader KAHMI dalam rangkaian acara munas di Palu, Sulawesi Tengah, nanti. Selain itu, Munas KAHMI juga akan diramaikan dengan program KAHMI Peduli, KAHMI Expo, dan Mimbar Kebangsaan.

    Turut hadir dalam audiensi ini, Presidium KAHMI A. Riza Patria, Sekretaris Panitia Nasional Munas KAHMI Umar A Lessy, Bendahara KAHMI Charles P. Siregar, dan Sekretaris Steering Committee Munas KAHMI Muh Muslih.

    Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.

    Berita Terkait

    Presiden dan Anggota Kabinet Indonesia Maju Sampaikan SPT Pajak di Istana Negara

    Batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2023 adalah tanggal 31 Maret 2024. Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Tingkatkan Produsen Halal Indonesia-Selandia Baru, Wapres Harapkan Kerja Sama Ditindaklanjuti

    Wapres berharap akan ada tindak lanjut antara pengusaha Selandia Baru dengan pengusaha di Indonesia terkait peningkatan kemitraan untuk mena Selengkapnya

    Wapres Harap Pemimpin Terpilih Membawa Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera

    Wapres berharap agar Pemilu ini menghasilkan para pemimpin yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA