FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 11-2022

    1099

    Indonesia - Turki Segera Rampungkan CEPA

    Kategori Artikel GPR | andr045

    Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan sepakat untuk merundingkan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).  

    “Kita harus instruksikan kepada para perunding agar hambatan yang ada, segera dicarikan solusi yang bisa diterima kedua belah pihak dan perjanjian segera dirampungkan,” kata Presiden Joko Widodo usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Erdogan di The Apurva Kempinski Bali pada Senin (14/11/2022). 

    CEPA adalah skema kerja sama ekonomi yang lebih luas dari sekadar isu perdagangan. Selain membahas tentang perekonomian, kedua negara juga bertukar pikiran untuk mencari solusi damai atas konflik Rusia-Ukraina. Sehingga dampak negatifnya bagi perekonomian global khususnya keamanan pangan dan energi dapat diminimalisasi. 

    Presiden Jokowi juga mengapresiasi kehadirannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Pertemuan para kepala negara ini diharapkan mampu menghasilkan kerja sama yang konkret. Kedua negara mencatat kemajuan hubungan bilateral, dengan ditandatanganinya sejumlah perjanjian strategis antar pemerintah maupun antar pelaku usaha. Perjanjian yang disepakati mencakup bidang pertahanan, kehutanan, lingkungan hidup, riset-teknologi dan inovasi. 

    Kesepakatan antar pelaku usaha meliputi kerja sama produksi bus listrik di Indonesia antara Karsan dengan Credo Group dan pembangunan jalan tol trans Sumatera. Beberapa menteri yang turut hadir dalam pertemuan diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Perdagangan Zulkifli. 

    Berita Terkait

    Indonesia Geopark Youth Forum

    Selengkapnya

    Indonesia Siap Gelar ASEAN Schools Games 2019

    Sudah menjadi tugas pemerintah untuk terus mencari dan menggali bibit-bibit unggul di bidang olahraga. Pembinaan usia dini menjadi pekerjaan Selengkapnya

    Lansia Mandiri Sejahtera

    Pada tahun 2018 jumlah lansia sekitar 24 juta orang, kurang lebih ada 2 juta lanjut usia berkategori bedridden (terbaring di tempat tidur). Selengkapnya

    Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif

    Harta yang paling berharga adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga. Cuplikan lagu dari sebuah film nasional tersebut menggambark Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA