FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 11-2022

    396

    Para Pemimpin Negara G20 Siap Memulai KTT G20

    Kategori G20Updates | mth
    Presiden Cina Xi Jinping (kedua dari kanan) bersama dengan Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Gubernur Bali I Wayan Koster (kanan) saat tiba di VVIP Terminal I Bandara Internasional Bali I Gusti Ngurah Rai, Senin (14 November 2022). Presin Xi Jinping akan menghadiri KTT G20 Indonesia pada 15-16 November. - (G20 Indonesia Media Center/M Risyal Hidayat/wsj/ws/22.)

    Badung, 14 November 2022 –Sehari sebelum pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, para kepala negara dan kepala pemerintahan berdatangan di Bali. Dua pemimpin negara besar dunia yang tiba antara lain Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

    "Semua lancar,tidak ada yang melenceng dari jadwal yang sudah ditetapkan," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP) Usman Kansong, kepada Tim Komunikasi dan Media, Senin (14/11/2022).

    Presiden Xi Jinping mendarat di Ngurah Rai sekitar pukul 15.45 WITA diikuti oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Sementara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tiba pukul 18.46 WITA.

    Sebelum kedatangan tiga kepala pemerintahan di atas beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 lainnya juga telah tiba, antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

    Sementara kepala negara yang menjadi undangan KTT G20 juga beberapa tiba di hari yang sama. Antara lain Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Suriname Chandrikapersad Santokhi, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.

    Dalam waktu yang hampir bersamaan juga tiba pimpinan lembaga dunia seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Presiden Uni Eropa Charles Michel, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

    Pemimpin negara anggota G20 lainnya yang masih ditunggu kehadirannya; Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi dan Perdana Menteri Saudi Arabia Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud.

    Kedatangan ketiganya akan memenuhi 17 dari 20 kepala negara anggota G20 yang telah mengonfirmasi kehadirannya di KTT G20.

    “Itu hal yang wajar karena pada setiap penyelenggaraan KTT selalu ada negara yang berhalangan hadir dengan berbagai alasan,” kata Usman.

    Sehari sebelumnya sebagain delegasi sudah hadir antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Presiden ADB Masatsugu Asakawa, Ketua WEF Klaus Martin Schwab, Presiden IsDB Muhammad Sulaiman Al Jasser, Direktur Jenderal ILO Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

    SIARAN PERS NO.72/SP/TKMG20/11/2022
    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA G20
    #G20Updates Berbagai produk komunikasi yang disiapkan oleh Tim Komunikasi dan Media G20. Bertujuan untuk menyediakan informasi yang komprehensif mengenai persiapan dan isu yang berkaitan dengan KTT G20 di Bali, Indonesia pada tanggal 15 s.d. 16 November 2022.

    Berita Terkait

    Asa Pelaku Pariwisata Bali di KTT G20

    Puncak presidensi di KTT G20 menjadi nafas optimis para penyedia usaha oleh-oleh setelah hampir dua tahun Bali sepi dari kedatangan wisatasa Selengkapnya

    APJII Kerahkan Tim Ahli Dukung Keamanan Siber KTT G20

    APJII akan berperan mencegah dan menindak serangan siber langsung ke sumbernya. Selengkapnya

    Pemerintah Jamin Keamanan Siber KTT G20

    Untuk memastikan keamanan siber menjelang KTT G20, BSSN sudah melakukan pengamanan siber dalam rangka KTT G20 ini sejak Juli 2022 lalu. Selengkapnya

    UMKM Lokal Pemasok Suvenir Resmi KTT G20

    Mereka yang terpilih merupakan hasil kurasi 1.024 UMKM yang dilakukan Kemenkop UKM bersama Smesco dan terdiri dari UMKM sektor kerajinan (ek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA