FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 11-2022

    367

    Pos Indonesia Bagikan Subsidi Ekonomi Nasional ? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar pesan berantai di media sosial WhatsApp denga informasi mengenaipemberian bantuan subsidi ekonomi nasional dari PT Pos Indonesia. 

    Konon warga bisa mendapatkan bantuan dengan menjawab kuesioner yang terdapat dalam tautan website tertentu.  Diketahui ada empat pertanyaan yang harus dijawab untuk mendapatkan kesempatan memperoleh subsidi sebesar Rp2 juta.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kabarmakassar.com, ternyata klaim PT Pos Indonesia bagikan subsidi ekonomi nasional Rp2 juta tidak benar. 

    Fakta dari layanan helpdesk PT Pos Indonesia, VIDAPOS juga menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar.  PT Pos Indonesia secara khusus tidak memberikan subsidi keuangan selain sebagai penyalur bantuan keuangan dari Kementerian Ketenagakerjaan.

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (13/011/2022):

    1. [DISINFORMASI] Amerika Serikat Kirim 6 Bomber Nuklir dan Kapal Induk untuk Halangi Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20 di Bali
    2. [HOAKS] PT Pos Indonesia Bagikan Subsidi Ekonomi Nasional Rp2 Juta
    3. [HOAKS] Presiden Joko Widodo Menolak Malaysia Jadi Anggota Tetap G20

    Berita Terkait

    Tes Calon Karyawan Atas Nama PT Pertamina, Awas Hoaks!

    Bahkan, terdapat lampiran yang berisi daftar semua nama peserta yang mengikuti tes tersebut. Selengkapnya

    Uang Tertahan di Bank Indonesia? Itu Hoaks!

    Sebagai bank sentral, BI tidak melakukan kegiatan komersial seperti menyimpan uang nasabah atau masyarakat umum seperti bank umum. Selengkapnya

    Solstis Sebabkan Matahari Berhenti Terbit, Itu Hoaks!

    Klaim fenomena solstis menyebabkan matahari berhenti terbit dan terbenam, yang kemudian akan berbalik arah adalah tidak benar. Faktanya, inf Selengkapnya

    Gas Air Mata di Area Stadion GBK? Itu Disinformasi!

    Polda Metro Jaya membantah kepulan asap tersebut berasal dari gas air mata. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA