FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 11-2022

    340

    Jadi Deliverables DEWG G20, DTE Tampilkan Inisiatif Transformasi Digital

    SIARAN PERS NO. 504/HM/KOMINFO/11/2022
    Kategori Siaran Pers
    Alternate Chair DEWG Dedy Permadi dalam Konferensi Pers G20 Digital Transformation Expo, di Le Merideien Hotel, Jimbaran, Badung, Bali, Sabtu (12/11/2022). - (Pey)

    Siaran Pers No. 504/HM/KOMINFO/11/2022

    Sabtu, 12 November 2022

    Tentang

    Jadi Deliverables DEWG G20, DTE Tampilkan Inisiatif Transformasi Digital


    Digital Transformation Expo menjadi salah satu dari deliverables Forum Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia. Alternate Chair Digital Economy Working Group, Dedy Permadi menyatakan, Indonesia dan negara anggota G20 menyajikan inisiatif transformasi digital untuk mendukung pemulihan pascapandemi Covid-19.

    “Melalui Kelompok Kerja Ekonomi Digital, kita membahas banyak hal konkret. DTE ini merupakan satu gelaran yang menampilkan perkembangan transformasi digital di Indonesia dan juga beberapa negara G20,” ujarnya dalam Konferensi Pers G20 Digital Transformation Expo, di Le Meridien Hotel, Jimbaran, Badung, Bali, Sabtu (12/11/2022).

    Dedy Permadi menjelaskan penyelenggaraan DTE ditujukan agar masyarakat bisa mendapatkan gambaran inovasi dan kemajuan transformasi digital yang sudah dan sedang dilakukan oleh pemerintah negara Anggota G20 bersama stakeholders.

    “Digital Transformation Expo ini bukan pameran yang biasa, tetapi DTE adalah pameran yang berusaha menyediakan atau menyampaikan substansi dengan instrumen digital. DTE akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center pada 13 s.d 17 November 2022,” jelasnya.

    DTE terdiri atas enam area, pertama pintu masuk (entrance) yang memberikan gambaran pertama kolaborasi G20. Sementara, area kedua Tunnel of Wonders yang berisi tampilan visual tentang kekayaan alam. keindahan budaya Indonesia. Area ketiga atau main area dengan tampilan dan perkembangan empat pilar transformasi digital Indonesia. Dalam area itu disajikan pembangunan infrastruktur digital, ekonomi digital, masyarakat digital, dan tata kelola pemerintahan digital.

    "Sajian DTE dikemas dalam enam area dengan penceritaan atau storytelling artistik melalui medium audio-visual. Sehingga bisa menciptakan visitors’ journey dan experience yang serba digital," ungkap Alternate Chair DEWG G20.

    Adapun area keempat, terdapat sajian perkembangan transformasi digital dari beberapa negara G20. Kemudian. area kelima World of Collaboration sebagai bentuk apresiasi Kementerian Kominfo atas peran multistakeholders dalam mendorong percepatan transformasi digital. Terakhir, The Metaverse Corner, yang menyajikan digital experience berbasis teknologi metaverse hasil kolaborasi dengan perusahaan teknologi anak bangsa dan global.

    “Saya barusan tadi mendapatkan informasi pendaftarnya sudah 4.400 orang. Padahal kapasitas kita sepenuhnya maksimal sekali sudah terpenuhi. Jadi, mungkin bagi masyarakat atau bapak/ibu yang belum bisa secara langsung hadir di tempat acara, nanti kami ada video pasca event yang bisa dinikmati melalui kanal YouTube Kementerian Kominfo,” ungkap Dedy Permadi.

    Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Bonie Pudjianto menyatakan DTE juga menyajikan berbagai macam kemajuan teknologi yang ada di dunia dan bagaimana diterapkan di Indonesia, masyarakat juga bisa melihat bagaimana kolaborasi itu terjadi

    “Inti dari pelaksanaan DTE ini adalah ke depan akan tercapai suatu pemulihan yang tangguh bekerjasama untuk transformasi digital yang lebih inklusif, memberdayakan. dan berkelanjutan. Semoga message ini bisa tercapai dengan penyelenggaraan Digital Transformation Expo,” tuturnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo

    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    20221112 - Kompres DTE - Dedi Permadi - Humas Kemnkominfo - Pey HS (13)

    20221112 - Kompres DTE - Dedi Permadi - Humas Kemnkominfo - Pey HS (2)

    20221112 - Kompres DTE - Boni Wahyu Pujianto - Humas Kemnkominfo - Pey HS (3)

    20221112 - Kompres DTE - Dedi Permadi - Humas Kemnkominfo - Pey HS (11)

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 529/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Hadapi Tantangan Global, Menkominfo Dorong Startup Digital Tempuh Tiga Aksi

    Menkominfo Johnny G. Plate mendorong startup digital melakukan tiga aksi untuk meningkatkan resiliensi. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 528/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Menkominfo Ungkap Peran Frans Seda Jadi Perintis Telekomunikasi

    Dengan berbagai kiprah dan kontribusinya, Menteri Johnny mendukung pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 527/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Menteri Johnny: Jurnalistik dan Teknologi Digital Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

    Peran jurnalis dan teknologi memungkinkan transmisi berita dengan cepat dan akurat ke seluruh pelosok tanah air dan ke seluruh dunia yang me Selengkapnya

    Siaran Pers No. 526/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Penataan Ulang (Refarming) Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz

    Refarming pita frekuensi radio 2,1 GHz rencananya akan dilaksanakan secara nasional dengan periode pertama akan dimulai pada hari Kamis tang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA