FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 10-2022

    289

    Persiapan Dinilai Matang, Awak Media Yakin KTT G20 Lancar

    Kategori G20Updates | mth
    Sejumlah pimpinan media massa dan jurnalis meninjau dan melihat langsung persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (25/10/2022).

    Jakarta, 26 Oktober 2022 - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak sejumlah pimpinan media massa dan jurnalis meninjau dan melihat langsung persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Kinerja pemerintah pun mendapat apresiasi dari sejumlah awak media.

    “Persiapan pemerintah sudah jauh-jauh hari dilakukan, baik mempersiapkan pertemuan- pertemuan tingkat menteri, maupun persiapan secara fisik atau infrastruktur,” kata Ketua Forum Pemred, Arifin Asydhad di sela-sela kunjungan ke Bali, Selasa (25/10/2022).

    Arifin berharap semua persiapan KTT G20 ini membawa hasil yang memuaskan bagi Indonesia karena ajang internasional ini akan menjadi perhatian dunia karena hadirnya puluhan kepala negara. “Saya kira puncak KTT G20 akan relatif lancar,” imbuh Arifin yang juga merupakan pemimpin redaksi Kumparan tersebut.

    Sedikitnya 30 pemimpin redaksi dan jurnalis turut dalam kegiatan kunjungan. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong.

    Rombongan jurnalis dibawa untuk melihat langsung The Apurva Kempinski sebagai tempat acara puncak KTT G20 yang akan dihadiri 20 kepala negara anggota, termasuk sejumlah kepala negara undangan lainnya. Semua ruangan tempat kegiatan KTT G20 dikunjungi para awak media, termasuk ballroom tempat para pemimpin dunia bersidang nanti.

    Setelah dari Apurva rombongan dibawa mengunjungi Bali International Convention Centre (BICC), tempat lebih dari seribu awak media akan bekerja meliput jalannya KTT G20. “Semua kami sediakan di sini, mulai dari meja kerja, sambungan internet, sampai makanan yang tersedia sepanjang hari,” kata Usman Kansong.

    Dari BICC, rombongan jurnalis kemudian meninjau Taman Hutan Raya Ngurah Rai Benoa. Di lokasi ini direncanakan para pemimpin dunia peserta G20 akan menanam bibit mangrove. Lokasi penanaman hingga trek untuk para pemimpin negara-negara berjalan sudah disiapkan untuk melihat langsung hutan.

    Selain Arifin, apresiasi juga datang dari Pemimpin Redaksi NET TV Dede Apriadi. “Mantap. Sudah bagus dan persiapannya saya kira sudah lebih dari 90 persen,” kata Dede, sembari berharap semua tamu dan pemimpin negara-negara G20 bisa hadir di Bali. “Yang penting KTT ini ada manfaatnya bagi masyarakat sekitar juga,” imbuhnya.

    Hal senada disampaikan Pemimpin Redaksi Katadata Yura Syahrul. “Sejauh ini pemerintah cukup fokus dan siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi delegasi negara-negara yang menguasai perekonomian dunia ini,” ujar Yura.

    Menurut Yura, KTT G20 merupakan kerja besar pemerintahan Joko Widodo untuk menjawab beberapa masalah dunia saat ini, terutama di tiga bidang utama yang menjadi fokus. Yakni inklusivitas pelayanan kesehatan, transformasi berbabis digital, dan t ransisi menuju energi berkelanjutan.

    “Masih butuh pembuktian lebih jauh dari kerja besar ini. Sehingga kelak Indonesia dikenang karena sukses membawa isu-isu besar menjadi perhatian dunia, selain karena sukses penyelenggaraannya,” pungkas Yura.




    SIARAN PERS NO.12/SP/TKMG20/10/2022
    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA G20
    #G20Updates merupakan konferensi pers rutin yang digelar Tim Komunikasi & Media G20. Digelar dua kali dalam sepekan, setiap Selasa dan Kamis dengan narasumber yang berbeda. Tujuannya untuk menyebarluaskan informasi mengenai pelaksanaan KTT G20 di Bali.

    Berita Terkait

    Diplomasi Mangrove ala Jokowi di KTT G20

    Sebagai negara dengan hutan mangrove terluas di dunia yaitu 3,3 juta hektare hutan, ujar Presiden, Indonesia ingin berkontribusi kepada peru Selengkapnya

    Asa Pelaku Pariwisata Bali di KTT G20

    Puncak presidensi di KTT G20 menjadi nafas optimis para penyedia usaha oleh-oleh setelah hampir dua tahun Bali sepi dari kedatangan wisatasa Selengkapnya

    APJII Kerahkan Tim Ahli Dukung Keamanan Siber KTT G20

    APJII akan berperan mencegah dan menindak serangan siber langsung ke sumbernya. Selengkapnya

    Pastikan Keamanan Siber di KTT G20, Panglima TNI Libatkan Intelijen

    Indonesia juga bekerja sama dengan negara-negara lain dalam hal tukar menukar informasi intelijen. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA