FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 11-2022

    2153

    PDN Pertama Mulai Dibangun, Kominfo Targetkan Efisiensi Layanan Publik

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Cikarang, Kominfo - Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan empat Pusat Data Nasional (PDN) untuk mendukung pemerintahan berbasis digital. Penerapan konsep digital government bertujuan mendukung pelayanan publik yang efisien, efektif, serta transparan dan mendorong implementasi data driven policy.

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan PDN merupakan langkah strategis pemerintah dalam mendorong efisiensi, efektivitas, kedaulatan data negara, dan konsolidasi data nasional dalam kerangka Satu Data Indonesia. 

    “PDN merupakan salah satu direktif Presiden Republik Indonesia dalam rangka mempercepat transformasi digital di lingkungan instansi pemerintahan,” jelasnya dalam acara “Groundbreaking Ceremony Pembangunan Pusat Data Nasional (Strengthening of E-Government), di Cikarang, Jawa Barat. Rabu (09/11/2022).

    Menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, dengan adanya Pusat Data Nasional maka akan menghasilkan tata kelola pemerintahan yang canggih dan modern. 

    “Dikarenakan teknologi yang dipasang pada ekosistem PDN, meliputi teknologi cloud computing, big data analytic dan kecerdasan buatan, blockchain, serta metaverse,” jelasnya.

    Dirjen Semuel menjelaskan, peletakan batu pertama (groundbreaking) menandai perkenalan proyek pembangunan PDN di Kabupaten Bekasi kepada jajaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor privat, serta masyarakat.

    “Sekaligus dalam rangka penyelenggaraan PDN melalui Proyek Penguatan Infrastruktur e-Government di Kawasan Jabodetabek sesuai amanat Perpres No.95 Tahun 2018 tentang Infrastruktur SPBE,” jelasnya.

    Keberadaan PDN juga menjadi salah satu penunjang utama untuk terlaksananya percepatan transformasi digital di Indonesia.  “Khususnya dalam rangka efektivitas, efisiensi, konsolidasi data nasional, keamanan dan kedaulatan informasi negara serta mendorong penyelenggaraan Satu Data Indonesia,” tutur Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

    PDN Pertama

    Kementerian Kominfo telah merancang empat lokasi pembangunan PDN, yaitu Kawasan Deltamas Industrial Estate (Jabodetabek), Nongsa Digital Park (Batam), Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Menurut Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggono, keempat PDN tersebut berstandar global Tier- 4, tingkat yang sangat tinggi untuk standar pusat data. 

    “Penentuan lokasi sudah ditetapkan berdasarkan kriteria pemilihan lokasi yang ada di dalam Standar Pusat Data SNI 8799:2019, Uptime Institute maupun standar ANSI/TIA 942.” jelasnya 

    Direktur Bambang Dwi Anggono menjelaskan PDN pertama dibangun di Cikarang, Jawa Barat, tepatnya di Kawasan Deltamas Industrial Estate, sekitar 40 km dari Jakarta.  Adapun PDN kedua akan dibangun di kawasan Nongsa Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Menurutnya, di lokasi ini sudah tersedia jaringan fiber optik yang mampu menghubungkan wilayah tersebut dan sekitarnya ke kawasan barat Indonesia.

    “Pemilihan lokasi pusat data di Batam didasarkan keunggulan atas kelengkapan infrastruktur penunjang, semisal infrastruktur serat optik, pasokan listrik, air, serta jalur langsung ke tulang punggung internet global. Setelah Batam. Lokasi pembangunan PDN selanjutnya rencananya akan dibangun di IKN, serta Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur,” tutur Direktur LAIP Ditjen Aptika Kementerian Kominfo.

    Groundbreaking Pusat Data Nasional di GIIC Cikarang dilakukan Menkominfo Johnny G. Plate, dalam acara hadir pula Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo; Staf khusus Menkominfo Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Rosarita Niken; Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakkan Hukum Pajak, Iwan Djuniardi; serta Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga, Asep Arofah Permana.

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA