FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 11-2022

    300

    Pemerintah Dorong Pelaku Ekraf Sumut Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Medan, Kominfo - Pemerintah mendorong pelaku ekonomi kreatif di Sumatra Utara (Sumut), khususnya di Medan untuk bersama-sama menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan Danau Toba sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia perlu diperkuat dengan kehadiran berbagai UMKM lokal yang berkualitas dan berkelas dunia. Sehingga Danau Toba bisa menjadi destinasi wisata yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Sumatra Utara.

    "Kami melihat Danau Toba sanggup menjadi lokomotif penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas pada 2024," kata Menparekraf Sandiaga dalam acara "Kumpul Kreatif Tiba-tiba Toba" di Medan, Sumatera Utara,  Selasa (01/11/2022).

    Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, selain menghadirkan UMKM yang berkualitas, Kemenparekraf juga senantiasa mengembangkan potensi wisata yang ada di Danau Toba melalui pelaksanaan event-event berkelas nasional maupun internasional.

    "Jadi saya harap kalangan muda di Medan dan sekitarnya juga dapat melihat Danau Toba sebagai potensi kolaborasi kreatif untuk berinvestasi kreatif dan berbisnis," kata Sandiaga.

    Sandiaga berharap kegiatan "Kumpul Kreatif Tiba-Tiba Toba" ini juga akan menjadi wadah belajar dan kolaborasi baru pemuda kreatif Kawasan Danau Toba dan Kota Medan untuk menyadari potensi yang ada di Danau Toba, agar ke depannya dapat berkolaborasi dan memberikan kontribusi melalui karya-karya kreatif guna mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Super Prioritas.

    “Selain itu, kita berharap Kota Medan sebagai sumber SDM kreatif berkualitas yang terdekat dari Danau Toba dapat menjadi sumber transfer keterampilan dan pengetahuan bagi kalangan muda kreatif di sana," kata Sandiaga.

    Dalam acara ini Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal; Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan; dan Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan. 

    Berita Terkait

    Hadiri MIF 2023, Presiden Sampaikan Capaian Target Investasi Indonesia

    Kepala Negara menjelaskan bahwa konsumsi dan investasi juga ikut memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selengkapnya

    Pemerintah Dukung Pembentukan Induk Perusahaan dan Transisi Energi di PLN

    Sri Mulyani juga menyebut bahwa pemerintah menyetujui berbagai hal yang dibutuhkan dari sisi perpajakan dalam rangka pembentukan induk dan a Selengkapnya

    Pemerintah Targetkan Kenaikan Kunjungan Wisman Lewat Wisata Berbasis Olahraga

    Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia. Selengkapnya

    Pemerintah Targetkan 250 Ribu Wisman Tiongkok Datang ke Indonesia

    Menparekraf menekankan akan senantiasa mempromosikan destinasi favorit seperti Bali, Manado, dan 5 Destinasi Super Prioritas untuk menggaet Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA