FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 10-2022

    1081

    Tiba di Surabaya, Menkominfo Akan Sosialisasikan Jalur Palapa Ring Integrasi

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Surabaya, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, MInggu (30/10/2022). Tiba di Bandar Undara Internasional Juanda pukul 19.00 WIB, Menkominfo disambut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono;  Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas I Surabaya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Supriadi; dan Kepala Kantor Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Wilayah Kerja IV Surabaya Taruna Perdana Adi.

    Dalam agenda kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan bertemu dengan Kepala Dinas Kominfo dari 14 provinsi di Indonesia. Pertemuan itu membahas Rencana Pembangunan Proyek Strategis Nasional Palapa Ring Integrasi, sesuai dengan Peraturan Menteri Perekonomian Nomor 09 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 07 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional. 

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dijadwalkan memberikan sambutan melalui rekaman tayangan video. Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Jatim, Benny Sampirwanto juga direncanakan hadir (mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa).

    Sosialisasi juga diisi dengan penjelasan mengenai Rencana Jalur Palapa Ring terintegrasi oleh Kepala Divisi Infrastuktur Backbone BAKTI Kominfo; Project Director Penyusunan Kajian Pemutakhiran Palapa Ring Terintegrasi, Alexander Pratomo dan Kepala Pusdatin Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aulia Riza Farhan.

    Saat ini Indonesia memiliki jaringan serat optik dengan total panjang 459.111 km, termasuk 12.229 km jaringan milik pemerintah yaitu Palapa Ring. Proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Integrasi merupakan kelanjutan dari Proyek Palapa Ring (Eksisting) yang telah beroperasional sejak 2019.  Pembangunan Jaringan Palapa Ring Integrasi merupakan upaya memenuhi kebutuhan akses cepat, serta meningkatkan ketahanan dan keutuhan jaringan tulang punggung serat optik nasional. 

    Dalam kunjungan ke Surabaya selama dua hari tersebut, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo, Anang Latif (hm.ys)

    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA