FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 10-2022

    2681

    Penuhi Amanat UU Cipta Kerja, Analog Switch Off (ASO) Serentak 2 November 2022

    SIARAN PERS NO. 482/HM/KOMINFO/10/2022
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 482/HM/KOMINFO/10/2022

    Senin, 24 Oktober 2022

    Tentang 

    Penuhi Amanat UU Cipta Kerja, Analog Switch Off (ASO) Serentak 2 November 2022 

      

    Pemerintah memastikan infrastruktur multipleksing (MUX) sudah siap untuk implementasi Analog Switch Off (ASO) yang akan dilakukan pada tanggal 2 November 2022.

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan, Pemerintah telah memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja Pasal 78 Angka 3 Sektor Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).  

    "Menurut Undang-Undang Cipta Kerja harus sudah dilaksanakan pada tanggal 2 November yang akan datang, kira-kira 10 hari yang akan datang,” tutur Menko Polhukam Mahfud MD usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022). 

    Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, masih ada beberapa hal yang harus disiapkan. Menurutnya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melakukan koordinasi dengan penyelenggara multipleksing dan pemilik perusahaan televisi swasta untuk menyukseskan pelaksanaan ASO. 

    “Karena infrastrukturnya dalam bentuk MUX (multipleksing) semuanya sudah selesai. Set top box-nya pemerintah sudah menyelesaikan, yang TV swasta baru 4,4% sehingga ini harus diatur kembali. Jadi dari sudut pemerintah semuanya sudah siap, yang TV swasta nanti kita lakukan bersama-sama sesudah itu, tapi secara umum kita akan memenuhi ketentuan undang-undang,” ujarnya.

    Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan dari total 514 kabupaten dan kota di Indonesia, terdapat 222 wilayah yang akan migrasi ke TV digital.  "Sedangkan untuk 292 daerah lainnya akan dilakukan sesuai kesiapan wilayah," tandasnya.

    Bahkan, Menkominfo menyatakan sudah ada delapan kabupaten dan kota di empat wilayah siaran telah mengimplementasikan ASO sejak bulan April yang lalu.

    "Jabodetabek yang terdiri dari 9 kabupaten dan kota akan dilaksanakan pada 2 November 2022, dan 173 kabupaten dan kota non-terrestrial service atau tidak ada layanan TV terrestrial,” jelasnya. 

    Menurut Menteri Johnny, dari sisi infrastruktur multipleksing menjelang pelaksanaan ASO tanggal 2 November nanti, secara keseluruhan sudah akan tersedia. Baik yang disiapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kominfo, TVRI dan penyelenggara MUX, yakni televisi swasta yang telah diberikan lisensi. 

    “Jadi dari sisi infrastruktur secara nasional sudah siap, namun dari sisi distribusi set top box yang masih harus kita sempurnakan,” ujarnya.

    Untuk wilayah Jabodetabek, Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi dengan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) selaku penyelenggara MUX untuk melakukan sosialisasi ASO secara masif dan pembagian set top box secara merata. 

    “Hingga saat ini telah dilakukan pembagian set top box di wilayah Jabotabek kepada 479 ribu  keluarga yang dikategorikan miskin. Distribusi telah mencapai 98,44% dengan rasio pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 unit set top box dan seluruh penyelenggara multipleks menyediakan 112.484. Atau pemerintah menyiapkan 76% set top box Jabodetabek dan penyelenggara MUX atau televisi swasta menyediakan 24%. Dengan demikian, kita harapkan pelaksanaan Analog Switch Off pada 2 November di wilayah Jabodetabek bisa berjalan dengan baik,” jelasnya. 

    Dalam rapat koordinasi, hadir pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Inspektur Jenderal TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Agung Suprio.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 92/HM/KOMINFO/06/2023 tentang Perkuat Infrastruktur Digital, Indonesia Akan Luncurkan SATRIA-1

    Kementerian Kominfo menginisiasi proyek Satelit SATRIA-1 sebagai salah satu proyek strategis nasional. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 91/HM/KOMINFO/06/2023 tentang Jalankan Instruksi Presiden, Kominfo Lanjutkan Pembangunan BTS 4G

    Menteri Mahfud MD menyatakan telah berkomunikasi dengan jajaran di Kementerian Kominfo perihal skema penyelesaian pembangunan BTS 4G yang be Selengkapnya

    Siaran Pers No. 90/HM/KOMINFO/06/2023 tentang Wujudkan Visi Indonesia Maju 2045, Teknologi Digital Jadi Instrumen Utama

    Menteri Mahfud MD menekankan transformasi digital perlu digalakkan secara kolaboratif agar bermanfaat secara inklusif, memberdayakan, dan be Selengkapnya

    Siaran Pers No. 89/HM/KOMINFO/06/2023 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Perkuat Indonesia Sentris

    Pemerintah menekankan arti penting program dan kebijakan strategis yang bermanfaat maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA