FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 10-2022

    1061

    Momentum Hari Santri, Kominfo Latih 100 Santri Keterampilan Keamanan Siber

    SIARAN PERS NO. 481/HM/KOMINFO/10/2022
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 481/HM/KOMINFO/10/2022

    Sabtu, 22 Oktober 2022

    Tentang 

    Momentum Hari Santri, Kominfo Latih 100 Santri Keterampilan Keamanan Siber

     

    Keberadaan santri sebagai bagian perjalanan bangsa Indonesia memiliki peluang menjadi penjaga Digital Territory Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mengoptimalkan potensi dan sumberdaya digital santri agar turut berkarya untuk bangsa dan negara. 

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menyatakan keberadaan santri juga menjadi strategis karena latar historis, sosiografis, psikografis, etnografis, dan sebaran demografis.

    “Potensi santri tersebut salah satunya didukung dari segi usia yang masih sangat produktif dengan jumlah yang signifikan. Selain itu santri juga dikenal dengan etos kerja dan kemandirian serta kesetiaan yang kuat,” ujarnya saat membuka Seminar dan Pelatihan Cyber Security untuk santri pondok pesantren se-Indonesia, di Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2022). 

    Menurut Kabalitbang SDM Hary Budiarto, Kementerian Kominfo melatih 100 santri utusan pesantren agar lebih mahir dalam keamanan siber. Bekerja sama dengan Lembaga Persahabatan Ormas Islam, kegiatan seminar dan pelatihan bagi para santri tersebut merupakan bagian dari Thematic Academy, salah satu pelatihan yang berfokus pada kalangan tingkat dasar.

    “Di dunia white hacker, di dunia konten, di pasar digital, di jagat startup serta aplikasi, santri selalu hadir baik sebagai produsen maupun pelaku sekaligus konsumen di sana. Hari ini kita melakukan tingkat dasar, nanti disambung di tingkat menengah yang sudah bersertifikasi, jadi ada standarnya,” ungkapnya.

    Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo menjelaskan upaya untuk mewujudkan masyarakat digital yang dicanangkan dalam Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Menurut Kabaltbang SDM Hary Budiarto, sektor masyarakat digital tersebut menjadi penopang utama ketiga sektor digital lainnya. 

    “Masyarakat digital sangat penting yang akan menentukan tiga sektor pembangunan digital Indonesia. Infrastruktur akan mubazir kalau tidak digunakan. Ekonomi tidak berjalan jika masyarakat tidak bisa memanfaatkan teknologinya. Begitu juga pemerintahan digital, jika SDM tidak siap maka pelayanan publik tidak akan terwujud,” jelasnya.

    Hary Budiarto menjelaskan masih banyak profesi yang membutuhkan pelatihan dan sertifikasi. Oleh karena itu, Balitbang SDM Kementerian Kominfo berupaya melakukan pelatihan dan sertifikasi agar talenta digital memiliki kemampuan data science, data analytic, dan data engineering.

    “Kementerian Kominfo memiliki dua akademi yaitu Thematic Academy dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Kegiatan hari ini termasuk Thematic Academy di bidang cyber security. Kesemuanya itu, menjadi bagian dari Program Digital Talent Scholarship,” jelasnya. 

    Kegiatan pelatihan tersebut diharapkan dapat mencetak “Santri Cyber Security” yang memiliki skill sekaligus wawasan seputar Certified Ethical Hacking (CEH), Computer Hacking Forensic Investigator (CHFI), dan Certified Penetration Testing Professional (CPTP). Selain itu peserta juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sebagai Hacker, Cracker, Phreaker Defacer and Carder dalam ekosistem white hacker.

    Hadir dalam pelatihan Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam, KH Said Aqil Siroj, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, dan Direktur Telematika BSSN, Direktur Poltek Siber dan Sandi Negara.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers tentang Jenewa - Bertemu Menkominfo di Swiss, Diaspora Apresiasi UU PDP

    Sekitar 50 orang WNI di Indonesia dengan latar belakang profesi dan pendidikan yang berbeda, menyambut hangat kehadiran Menteri Kominfo. Mas Selengkapnya

    Siaran Pers No. 371/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Permudah Evaluasi Kinerja dan Layanan, Kominfo Luncurkan Aplikasi eyanlik

    Platform itu akan memudahkan pengelola pelayanan publik dan evaluator Kementerian Kominfo melakukan penilaian mandiri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 370/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Konsultasi Publik RPM mengenai Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus Untuk Keperluan Sendiri

    Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus Untuk Keperluan Sendiri ini disusun dalam rangka melaksana Selengkapnya

    Siaran Pers tentang RI-Tiongkok Sepakat Dalami Kerjasama Transformasi Digital dan AI

    Dalam pertemuan dengan Zhongde, Menkominfo Budi Arie Setiadi menuturkan bahwa Indonesia yakin pengembangan AI (Artificial Intelligent) dan i Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA