FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 10-2022

    957

    Tiga Tahun KIM, Menteri Johnny: Komitmen Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital Masif dan Merata

    SIARAN PERS NO. 480/HM/KOMINFO/10/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri Konferensi Pers Launching Laporan Tahunan Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Maruf Amin Tahun 2022, di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). -(AYH)

    Siaran Pers No. 480/HM/KOMINFO/10/2022

    Kamis, 20 September 2022

    Tentang

    Tiga Tahun KIM, Menteri Johnny: Komitmen Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital Masif dan Merata

    Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin terus memastikan pembangunan yang berkeadilan sesuai dengan visi dan misi Kabinet Indonesia Maju (KIM). Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, hal itu diimplementasikan dengan membangun infrastruktur digital secara masif dan merata. 

    “Di situasi yang sulit, dibawah leadership yang kuat dari Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak KH Ma'ruf Amin, kerja sama pembantu Presiden, para menteri dan pimpinan lembaga mengakselerasi pembangunan infrastruktur menjangkau seluruh wilayah tanah air,” jelasnya dalam Konferensi Pers Launching Laporan Tahunan Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Maruf Amin Tahun 2022, di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). 

    Menurut Menteri Johnny, pembangunan infrastruktur digital menjadi bagian penting pelaksanaan visi KIM. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo akan terus memastikan konektivitas digital menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

    “Infrastruktur digital hulu seperti fiber optik, backbone, middle mile, satelit, microwave link, base transceiver station (BTS) fisik dan digital terus menjangkau masyarakat kita untuk pemerataan pembangunan dan pembangunan yang berkeadilan. Ini salah satu visi dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin,” ujarnya.

    Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan seluruh jajaran kementerian dan lembaga untuk menuntaskan visi dan misi KIM. Bahkan menurut Menkominfo, seluruh jajaran diminta untuk meningkatkan kolaborasi di tengah pemulihan pascapandemi Covid-19. 

    “Indonesia dibawah leadership Presiden Bapak Joko Widodo menunjukkan daya tahan yang kuat. Tahun depan ada potensi gamparan yang bisa saja memburuk, namun dengan kolaborasi, kerja sama dan kegotongroyongan sebagaimana visi dan misi Presiden, kita sama-sama yakin Indonesia pasti mampu menghadapi dan dapat bertumbuh di situasi ketidakpastian melalui semangat yang terus bergelora melalui optimisme yang tinggi,” ujarnya.

    Menurut Menteri Johnny, awal pemerintahan KIM dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 dengan banyak tantangan yang tidak mudah. Di tingkat global, hiperinflasi melanda beberapa negara maju dan berkembang khususnya di tahun 2022. 

    “Tetapi resiliensi Indonesia dibawah leadership Presiden melalui kebijakan-kebijakannya dapat dibuktikan dengan parameter-parameter makro ekonomi, inflasi masih terkendali dibawah 6%, yaitu 5,9%. 

    Saat ini, ketika dunia mengalami stagflasi dan kontraksi ekonomi, perekonomian Indonesia justru bisa bertumbuh 5,44%. Menkominfo menilai hal itu menjadi capaian hasil bauran kebijakan melalui adaptasi dan penyesuaian dalam menghadapi situasi baru tersebut. 

    “Bapak Presiden terus mengingatkan terjadi ketidakpastian yang besar di tingkat global yang juga sedang mengarah ke Indonesia. Namun, mengingatkan kepada kita sekalian pemerintah dan masyarakat, industri ekonomi, keuangan, dan perdagangan untuk tetap optimis karena Indonesia telah membuktikan resiliensi dan daya tahan yang kuat di tengah badai pandemi Covid-19,” tandasnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA