FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 10-2022

    1667

    Menteri Johnny Dorong Indonesia-Ukraina Kerja Sama Pertukaran Pelajar

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo - Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Ukraina terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara sesuai aspek kerja sama yang sudah lama terjalin. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap Indonesia dan Ukraina juga dapat mengembangkan kerja sama untuk pertukaran pelajar.

    "Kami mencari dan melihat apakah ada kesempatan kembali untuk sedapat melakukan reaktivasi, menghidupkan kembali kerjasama yang dulu sudah pernah kita lakukan dan itu dikembangkan. Salah satu yang diharapkan kalau bisa dapat dilakukan dengan cepat adalah pertukaran pelajar," jelasnya usai menerima kunjungan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia H.E. Vasyl Hamianin di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022).

    Meskipun Ukraina tengah menghadapi situasi geopolitik, Menkominfo mendorong berbagai potensi kerja sama yang memberikan manfaat bagi kedua negara perlu segera ditindaklanjuti.

    "Hal-hal gini people to people itu penting untuk membangun relasi dan hubungan, tidak saja hubungan diplomatik secara resmi diantara pemerintah tapi terus dikembangkan hubungan antara masyarakat, people to people, salah satu yang bagus adalah pertukaran pelajar," jelasnya.

    Menteri Johnny juga menegaskan kerja sama pertukaran pelajar antar kedua negara akan memberikan manfaat khususnya di sektor digital.

    "Sayang kalau di kesempatan kerja sama ini kita lewatkan begitu saja. Mungkin pelajar Indonesia belum bisa ke Ukraina karena ada perubahan situasi geopolitik di sana, tetapi pelajar dan calon ahli dari Ukraina bisa juga belajar disini," ujarnya.

    Duta Besar Ukraina untuk Indonesia H.E. Vasyl Hamianin menyatakan situasi geopolitik di Ukraina tidak menghambat hubungan kerja sama dengan Indonesia.

    "Saya harap, meskipun demikian (situasi geopolitik di Ukraina) kita akan tetap berhubungan, kita akan terus memikirkan bagaimana membuat negara kita lebih sukses, lebih aman, dan makmur. Saya pikir ini adalah sesuatu yang kita doakan setiap hari, baik orang Indonesia maupun orang Ukraina," ujarnya.

    Kepada Menkominfo Johnny G. Plate, Dubes Vasyl Hamianin menyampaikan apresiasi dan  telah menerima kunjungan dan membahas kerja sama di bidang digital antara Indonesia dan Ukraina.

    "Bagi saya ini sangat berguna karena saya mengambil banyak pengetahuan dan memperluas pemahaman saya tentang bagaimana kita bisa memberikan manfaat satu sama lain untuk saling menguntungkan bangsa kita," tandasnya.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Antarkan Delegasi Timor Leste

    Selengkapnya

    Kominfo: Nation Branding Indonesia Meningkat Pasca-Keketuaan ASEAN 2023

    Nation branding Indonesia naik delapan poin sehingga membuat Indonesia menempati posisi 60-an dari 100 negara. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA