FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 10-2022

    445

    Perkuat Implementasi SPBE, Kominfo Latih Pimpinan Lembaga Pemerintahan

    Kategori Berita Kominfo | adhi004

    Bandung, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan pelatihan untuk pimpinan lembaga pemerintahan di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan pelatihan itu bertujuan meningkatkan keahlian di bidang teknologi informasi dan komunikasi sejalan dengan kebutuhan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

    "Saat ini kita memasuki era digital yaitu era revolusi industri 4.0, di mana para pimpinan diharapkan bisa mampu untuk memanfaatkan dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi ini, untuk melakukan pelayanan publik yang optimal dan bisa menjalankan sistem pemerintahan berbasis elektronik," kata Hary dalam acara Pembukaan Program Pelatihan Digital Leadership Academy yang diselenggarakan secara hibrida dari Gedung Sate, Bandung, Selasa (04/10/2022).

    Kementerian Kominfo melakukan dukungan pemanfaatan TIK dengan empat pilar pembangunan dalam Peta Jalan Digital Indonesia 2021-2024, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, danu masyarakat digital. Kabalitbang SDM Hary Budiarto menyatakan untuk mengembangkan SDM di bidang digital, Kementerian Kominfo menyelenggarakan berbagai pelatihan, yaitu literasi digital, Digital Talent Scholarship (DTS), dan Digital Leadership Academy (DLA). 

    Menurutnya, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di dunia dalam DLA, antara lain  National University of Singapore, Tsinghua University of China, Harvard University, Oxford University, Cambridge University, Massachusetts Institute of Technology, dan Cornell University.

    "Pada hari ini, khusus kita laksanakan di provinsi Jawa Barat, bekerjasama dengan National University of Singapore, yang akan berjalan selama 3 minggu, dan kemudian para peserta akan diberikan Bagaimana mengembangkan suatu kebijakan-kebijakan dalam rangka transformasi digital dan pengembangan smart city," ujar Hary.

    Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo berharap pelatihan ini dapat mendukung terlaksananya Peta Jalan Digital Indonesia. Oleh karena itu, pelatihan serupa akan diadakan di provinsi-provinsi lain diantaranya Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

    Semua beralih ke digital

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan hampir semua kegiatan dalam kehidupan manusia dapat dilaksakan di dalam ruang digital. "Apa kegiatan dalam kehidupan hari ini yang tidak bisa didigitalkan," ujar Ridwan Kamil.

    Oleh karena itu, Gubernur Ridwan Kamil mengajak para pemimpin daerah untuk berpikir untuk mendigitalkan kegiatan-kegiatan di daerahnya masing-masing.

    "Para pemimpin-pemimpin di daerah mulai berpikir dari sekarang, semua harus didigitalkan, kecuali tadi mungkin tidur, gosok gigi, makan, minum, sisanya semua bisa digitalkan," ajaknya.

    Gubernur Ridwan Kamil mencontohkan berbagai kegiatan dalam pemerintahan sudah mulai beralih ke digital seperti tanda tangan yang sudah dilakukan secara elektronik dan pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan secara virtual. "Kita waktu covid, Zoom menjadi sebuah contoh hidup tetap produktif," jelasnya.

    Pelatihan DLA diselenggarakan secara hibrida dengan kombinasi kelas luring dan daring mulai dari tanggal 4 s.d. 27 Oktober 2022. Pelatihan ini diikuti oleh 34 orang peserta dari lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Barat.

    Berita Terkait

    Lantik 56 PNS, Kominfo Jadikan Lokomotif Penggerak Digitalisasi

    Kementerian Kominfo mempunyai peran yang sangat penting dalam era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, setiap ASN dituntut memiliki kompe Selengkapnya

    [Berita Foto] Pantau Implementasi ASO, Kominfo Gelar Rakor

    Menkominfo Johnny G. Plate mengundang perwakilan kementerian, Lembaga Penyiaran Publik TVRI, penyelenggara multipleksing dan industri untuk Selengkapnya

    Percepat Digitalisasi Pos, Kominfo Siapkan Fasilitasi

    Usai dilantik bersama lima pejabat pimpinan tinggi pratama lain, Direktur Gunawan Hutagalung menyatakan penyelenggaraan pos saat ini masih d Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Lantik Enam Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

    Menkominfo Johnny G.Plate melantik enam pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kantor Kemen Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA