FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 09-2022

    925

    Bangun Indonesia Emas 2045, Pmeerintah Dorong Sinergi Pentahelix

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Batam, Kominfo – Penyiapan sumberdaya manusia yang berkualitas juga diperlukan sebagai upaya menciptakan Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, Pemerintah mendorong sinergi pentahelix.

    Menurut Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi guna penyiapan sumberdaya manusia yang berkualitas memerlukan beberapa perbaikan. Diantaranya ialah masih tingginya kasus korupsi, rendahnya minat berbisnis di Indonesia, dan rendahnya proporsi masyarakat di bidang entrepreneur. Tercatat masyarakat yang bergerak di bidang entrepreneur baru 3,17 persen.

    “Keberadaban digital kita juga masih sangat rendah, terendah di Asia Tenggara. Datanya, 47 persen digunakan untuk hoaks dan penipuan, 27 persen ujaran kebencian, 13 persen diskriminasi. Ini harus dijadikan perhatian,” ujarnya saat memberi sambutan pada Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui Seminar Pembangunan Mental dan Karakter Warga Gereja bersama Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) serta Penanaman Sepuluh Juta Pohon, di Batam, Jumat (30/09/2022).

    Didik mengatakan, penyelesaian masalah tersebut tak bisa dilakukan oleh satu unsur saja. Komitmen dan sinergi pentahelix atau antar unsur satu dengan unsur lainnya menjadi kunci utama. Unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media harus bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen.

    Sementara itu, Didik turut mengapresiasi inisiatif PGI serta seluruh jemaat yang telah mendukung terselenggaranya aksi nyata dengan baik. Dan telah bekerjasama dengan Kemenko PMK.

    Ia berharap, seterusnya, PGI dapat mengambil bagian dalam upaya mendorong program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

    “Semoga program selanjutnya akan memiliki tugas yang koheren dan berkesinambungan dengan program pemerintah khususnya untuk membangun SDM,” tuturnya.

    Adapun dalam mendorong GNRM tersebut, terdapat tiga nilai utama yang perlu diaplikasikan dalam kehidupan. Diantaranya, integritas, gotong royong dan etos kerja.

    Menurut Didik, tiga nilai utama itu sangat penting untuk diimplementasikan dan digaungkan lebih luas melalui Aksi-aksi Nyata di masyarakat, khususnya di lingkungan Organisasi/Majelis Tinggi Keagamaan di Indonesia.

    “Melalui kegiatan hari ini, semoga menajdi salah satu upaya kita membekali generasi kita menuju emas 2045. Dan itu menjadi komitmen kita bersama, bukan hanya jargon, marilah kita wujudkan, ditandai dengan kemakmuran kesejahteraan keharmonisan dan kedamaian di indonesia,” tutupnya.

    Berita Terkait

    Indonesia Akan Ukir Sejarah Baru Layanan Digital Terpadu

    Pelayanan publik ke depan menerapkan konsep terpadu dalam melayani perjalanan hidup manusia, moments of life. Seperti di luar negeri, layan Selengkapnya

    Berikan Penghargaan Adipura 2023, Wapres Dorong Pemerintah Daerah Implementasikan Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu

    Wapres mendorong pemerintah daerah agar menerapkan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir. Selengkapnya

    Gelar Safer Internet Day, Pemerintah Dorong Perlindungan Anak di Ranah Digital

    emenko PMK mengajak seluruh kementerian dan lembaga terkait, institusi swasta, relawan, hingga pembina dan pengasuh anak-anak. Selengkapnya

    Perkuat Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Dorong Cari Model Terbaik

    Wapres menyampaikan, riset ini sangat krusial diinisiasi oleh pelaku usaha sebagai pihak yang paling memahami kondisi di lapangan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA