FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2022

    2317

    Kota Sofifi akan Jadi Pusat Pertumbuhan Baru Maluku Utara

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Tidore, Kominfo - Kota Sofifi yang berada di Provinsi Maluku Utara diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan baru di masa mendatang. Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo setelah meninjau UKM Mart, Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Rabu (28/09/2022).

    “Kota Sofifi menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku Utara dan dinas-dinas sudah pindah ke sini, ini juga akan menjadi titik pertumbuhan baru ke depan,” kata Presiden.

    Namun, sebagai sebuah ibu kota provinsi, Kota Sofifi masih harus dilengkapi dengan sarana infrastruktur lainnya.

    “Memang ada beberapa infrastruktur yang masih perlu di-back up oleh pemerintah pusat, pelabuhan, airport yang dekat di sini,” tutur Presiden.

    Mengenai bentuk skema dari investasi infrastruktur yang akan dibangun, Presiden akan menyampaikan setelah diputuskan.

    “Tadi saya sudah juga diskusi panjang dengan Pak Gubernur nanti skema yang kita cari. Segera saya info setelah ketemu,” ujar Presiden.

    Apresiasi Pengembangan UMKM

    Presiden Joko Widodo menilai cara pengembangan UMKM di Provinsi Maluku Utara sudah sangat profesional. “Saya melihat tadi produknya bagus, packaging-nya bagus, branding-nya bagus, dan khusus untuk UMKM Mart ini penyajian barang, display semuanya baik,” ucap Presiden usai meninjau UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan.

    Bahkan, Presiden menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Provinsi Maluku Utara dapat dilakukan di provinsi lainnya. “Ini saya kira yang harus ditiru oleh provinsi lain. Sekali lagi, Provinsi Maluku Utara untuk urusan pengembangan kompetensi UMKM sangat baik, saya ngomong apa adanya, sangat baik,” ujar Kepala Negara.

    Di UKM Mart ini, Presiden memuji cara pengemasan yang dilakukan karena sangat rapi dengan desain menarik. Setelah meninjau UKM Mart, Presiden menandatangani prasasti peresmian UKM Mart sebagai pusat oleh-oleh Maluku Utara.

    Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan UKM Mart ini antara lain adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, dan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.

    Presiden berada di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara setelah sebelumnya di pagi hari berada di Kota Ternate dan juga Kabupaten Halmahera Barat.

    Berita Terkait

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Presiden Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024

    Kepala Negara menyampaikan apresiasi terhadap seluruh insan pers di Tanah Air yang telah konsisten menemani masyarakat Indonesia dalam kehid Selengkapnya

    Wapres Sambut Baik Gerakan Jaga Keutuhan Bangsa

    Wapres menyambut baik Gerakan Nurani Bangsa yang digagas para tokoh bangsa. Gerakan menjaga keutuhan bangsa memang harus terus digaungkan ke Selengkapnya

    Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur di Dunia

    Meningkatnya daya saing sektor industri di Indonesia juga didukung oleh realisasi investasi, baik dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA