FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2022

    461

    Kota Sofifi akan Jadi Pusat Pertumbuhan Baru Maluku Utara

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Tidore, Kominfo - Kota Sofifi yang berada di Provinsi Maluku Utara diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan baru di masa mendatang. Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo setelah meninjau UKM Mart, Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Rabu (28/09/2022).

    “Kota Sofifi menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku Utara dan dinas-dinas sudah pindah ke sini, ini juga akan menjadi titik pertumbuhan baru ke depan,” kata Presiden.

    Namun, sebagai sebuah ibu kota provinsi, Kota Sofifi masih harus dilengkapi dengan sarana infrastruktur lainnya.

    “Memang ada beberapa infrastruktur yang masih perlu di-back up oleh pemerintah pusat, pelabuhan, airport yang dekat di sini,” tutur Presiden.

    Mengenai bentuk skema dari investasi infrastruktur yang akan dibangun, Presiden akan menyampaikan setelah diputuskan.

    “Tadi saya sudah juga diskusi panjang dengan Pak Gubernur nanti skema yang kita cari. Segera saya info setelah ketemu,” ujar Presiden.

    Apresiasi Pengembangan UMKM

    Presiden Joko Widodo menilai cara pengembangan UMKM di Provinsi Maluku Utara sudah sangat profesional. “Saya melihat tadi produknya bagus, packaging-nya bagus, branding-nya bagus, dan khusus untuk UMKM Mart ini penyajian barang, display semuanya baik,” ucap Presiden usai meninjau UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan.

    Bahkan, Presiden menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Provinsi Maluku Utara dapat dilakukan di provinsi lainnya. “Ini saya kira yang harus ditiru oleh provinsi lain. Sekali lagi, Provinsi Maluku Utara untuk urusan pengembangan kompetensi UMKM sangat baik, saya ngomong apa adanya, sangat baik,” ujar Kepala Negara.

    Di UKM Mart ini, Presiden memuji cara pengemasan yang dilakukan karena sangat rapi dengan desain menarik. Setelah meninjau UKM Mart, Presiden menandatangani prasasti peresmian UKM Mart sebagai pusat oleh-oleh Maluku Utara.

    Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan UKM Mart ini antara lain adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, dan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.

    Presiden berada di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara setelah sebelumnya di pagi hari berada di Kota Ternate dan juga Kabupaten Halmahera Barat.

    Berita Terkait

    Kewirausahaan Digital Jadi Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Subregional

    Dibutuhkan upaya nyata untuk memperdalam kerja sama dan kolaborasi yang konkret dan dinamis. Selengkapnya

    Wapres: Jadikan Masjid Pusat Pembinaan Masyarakat Sekitar

    Mengikuti jejak Rasulullah SAW, masjid-masjid di Indonesia, termasuk Masjid Baiturrahman Semarang, diharapkan dapat memberikan manfaat khusu Selengkapnya

    Wapres Harapkan Industri Olahraga Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

    Wapres kembali menekankan pentingnya pemanfaatan sports science secara serius agar para atlet semakin terurus dan berprestasi. Selengkapnya

    Wapres Harapkan Pesantren Jadi Pusat Pemberdayaan Masyarakat

    Kita memang ingin pesantren jadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat, baik ekonomi sektor keuangan, sektor riil, juga sektor produksi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA