FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 09-2022

    1293

    Video Pemakaman Tanpa Pelayat di Kediri? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan beberapa orang perangkat desa turun tangan mengantar jenazah ke tempat pemakaman di Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

    Video tersebut disertai narasi "Bukan cerita indosiar. Ini nyata. Tadi siang. Meninggal gak ada yang nganterin sampe perangkat desa yang nganterin ke makam. Semoga kita semua nanti meninggal dalam keadaan baik. Husnul khotimah dan banyak yang mendoakan". Narasi ini menimbulkan kesan bahwa tidak ada warga sekitar atau tetangga yang ikut melayat jenazah tersebut.

    Hasil penelusuran yang dilakukan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dari video bahwa tidak ada warga sekitar atau tetangga yang ikut melayat jenazah tersebut adalah keliru.

    Dilansir dari timesindonesia.co.id, Kepala Desa Kedak Sunarti menjelaskan bahwa perangkat desa turun tangan mengantarkan jenazah ke tempat pemakaman karena pihak keluarga almarhum mengalami keterbatasan ekonomi dan kesehatan, di mana lima dari tujuh orang yang tinggal bersama almarhum mengalami kondisi keterbelakangan mental.

    “Warga sekitar juga ikut membantu proses pemakaman, mulai dari memandikan jenazah hingga menguburkannya,” tegas Kepala Desa Kedak.

    Berikut laporan haian isu hoaks, disinformasi, dan misinformasi, yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (27/09/2022):

    1. [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan JNE
    2. [HOAKS] Informasi Rekrutmen Mengatasnamakan PT Petrosida Gresik
    3. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Purworejo

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Video Kerusakan Parah Akibat Gempabumi Tuban? Itu Keliru!

    Ternyata, video yang memperlihatkan kerusakan rumah dan jalan itu merupakan kejadian akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pad Selengkapnya

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    Truk Logistik Pemilu Terguling Tanpa Pengawal? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari artikel berita cekfakta.tempo.co, klaim narasi pada un Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA