FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 09-2022

    416

    Perkuat Konektivitas Telekomunikasi, Menteri Johnny: Indonesia Jalin Kemitraan dengan Prancis, Inggris, AS, dan Agentina

    SIARAN PERS NO. 434/HM/KOMINFO/09/2022
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 434/HM/KOMINFO/09/2022

    Sabtu, 24 September 2022

    Tentang

    Perkuat Konektivitas Telekomunikasi, Menteri Johnny: Indonesia Jalin Kemitraan dengan Prancis, Inggris, AS, dan Agentina

    Pemerintah Republik Indonesia telah memiliki kerja sama dengan Prancis, Inggris, Amerika Serikat dan Argentina berkaitan dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan kemitraan itu diharapkan akan makin memperkuat simpul jaringan telekomunikasi global. 

    “Dengan Prancis dan Inggris, Indonesia sudah membangun infrastrukturnya berupa kerja sama di pengadaan dan penempatan satelit, Kalau dengan Amerika Serikat, kita sudah punya kerja sama peluncur rocket untuk membawa satelit ke orbit satelit, Nah, dengan Uni Eropa, selain dari Prancis dan Inggris, kita juga harus bangun relasi baru dengan negara lain,” tuturnya usai bertemu dengan Sekretaris Negara Bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administrasi Portugal Mario Campolargo di Kantor Kepresidenan Dewan Menteri/Departemen Pemerintah Pusat Portugal, di Lisbon, Portugal, Jumat (24/09/2022) malam waktu setempat. 

    Mengenai kerja sama dengan banyak negara itu, Menkominfo menyatakan berlangsung dalam berbagai tingkatan kerja sama. Menurutnya Indonesia sudah membangun infrastruktur berupa kerjasama di pengadaan satelit dengan Amerika Serikat, untuk membawa satelit ke lokasi orbit. 

    “Kita sudah punya kerjasama business-to-business (B2B). Di downstream ekonomi, juga demikian. Platform ekonomi digital banyak dari Sillicon Valley,” ujarnya.

    Bahkan, Menteri Johnny menyatakan Pemeritah Republik Indonesia juga telah berdiskusi dengan Pemerintah Argentina saat Digital Economy Working Group yang diselenggarakan Agustus lalu di Bali. Pembahasan ditujukan agar Indonesia mempunyai beberapa jalur transmisi data ke Ameika Serikat dan dari Amerika Serikat ke Indonesia.

    “Saya juga bertemu dengan Menteri Argentina. Kami mendiskusikan untuk membangun satu jalur baru yaitu Jalur Selatan yang menghubungkan jaringan dari Australia ke Argentina. Dari Australia, Sydney, ke Argentina kan terhubung dengan jaringan di Amerika Latin ke Amerika Serikat. Sehingga kita, Indonesia, nanti mempunyai beberapa jalur transmisi data ke Amerika Serikat dan dari Amerika Serikat ke Indonesia,” jelasnya.

    Selain itu, Menkominfo menyatakan kerja sama dengan Uni Eropa termasuk Prancis, Inggris, dan Portugal juga terus dibangun. Konektivitas kabel optik diharapkan akan menghubungkan jalur Indonesia ke Singapura melalui Timur Tengah ke Eropa.

    “Portugal ini adalah paling Barat dari Eropa juga paling ujung nya di ujung Portugal itu lintas Atlantik itu harus tersambung terhubung dengan New York lalu lintas ini yang kita sedang kerja sama kalau kita ke Inggris,” jelasnya.

    Menteri Johnny mengharapkan nantinya simpul telekomunikasi global akan terhubung dengan jaringan kabel serta optik dalam negeri yang kini sudah digelar. Sehingga lalu lintas data dalam negeri akan bisa terhubung dan tersambung dengan baik ke seluruh dunia.

    “Kita di Indonesia juga sedang menghubungkan titik fiber optic.  Dengan harapan, pada saat jaringan itu sudah terhubung dengan baik, maka utilisasi fiber optic akan meningkat. Inilah bagian dari Digital Economy di bidang ICT Infrastructure hulu,” harapnya.

    Dalam kunjungan kerja ke Portugal, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, serta Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 529/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Hadapi Tantangan Global, Menkominfo Dorong Startup Digital Tempuh Tiga Aksi

    Menkominfo Johnny G. Plate mendorong startup digital melakukan tiga aksi untuk meningkatkan resiliensi. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 528/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Menkominfo Ungkap Peran Frans Seda Jadi Perintis Telekomunikasi

    Dengan berbagai kiprah dan kontribusinya, Menteri Johnny mendukung pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 527/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Menteri Johnny: Jurnalistik dan Teknologi Digital Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

    Peran jurnalis dan teknologi memungkinkan transmisi berita dengan cepat dan akurat ke seluruh pelosok tanah air dan ke seluruh dunia yang me Selengkapnya

    Siaran Pers No. 526/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Penataan Ulang (Refarming) Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz

    Refarming pita frekuensi radio 2,1 GHz rencananya akan dilaksanakan secara nasional dengan periode pertama akan dimulai pada hari Kamis tang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA