FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 09-2022

    165

    Topang Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Akselerasi Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur

    SIARAN PERS NO. 423/HM/KOMINFO/09/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong dalam Konferensi Pers Perkembangan Pembangunan Infrastruktur di Media Center Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (20/09/2022). - (AYH)

    Siaran Pers No. 423/HM/KOMINFO/09/2022

    Selasa, 20 September 2022

    Tentang

    Topang Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Akselerasi Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur

    Setiap pemerintahan memiliki tantangan dan peluang masing-masing. Dalam Kabinet Indonesia Maju, Pemerintah berupaya melakukan akselerasi pembangunan dan pemerataan infrastruktur untuk menopang aktivitas ekonomi masyarakat.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan dalam sepuluh tahun Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah membangun 189,2 Km ruas jalan tol, 24 bandar udara, 14 bendungan, dan pembangunan infrastruktur fisik lain.

    Sementara Pemerintahan Presiden Joko Widodo mengupayakan pemerataan pembangunan infrastruktur hingga ke wilayah pelosok Indonesia serta mendorong akselerasi pembangunan di berbagai desa untuk menopang aktivitas ekonomi masyarakat di seluruh penjuru nusantara.

    “Jadi Pak Presiden SBY membangun, Pak Presiden Joko Widodo dalam kabinetnya melakukan akselerasi pembangunan untuk memberikan kontinuitas dan keberlangsungan pembangunan nasional kita,” ujar Menteri Johnny dalam Konferensi Pers Perkembangan Pembangunan Infrastruktur di Media Center Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (20/09/2022).

    Menkominfo menyatakan Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam tujuh tahun terakhir telah membangun 1.540 Km ruas jalan tol dan 29 bandar udara dengan 9 konstruksi ditargetkan selesai tahun 2023. Selain itu ada 12 bendungan dan 27 bendungan yang ditargetkan selesai tahun 2024.

    “Terlepas dari pandemi Covid-19 dan perubahan geopolitik strategis di wilayah Ukraina, hingga saat ini sepanjang 227.000 Km jalan desa telah dibangun, yang didukung dengan 1,3 juta meter jembatan di seluruh Indonesia untuk memfasilitasi aktivitas ekonomi masyarakat,” jelasnya.

    Pemerintah terus membangun infrastruktur yang memadai dengan membangun 4.500 embung, 71.000 unit saluran irigasi, 62.500 unit penahan tanah, serta 6.100 unit tambat perahu. Pemerintah juga membangun 10.300 unit pasar desa dan 57.200 unit BUMDes untuk mendukung aktivitas ekonomi rakyat.

    “Khusus tambat perahu dinilai penting untuk menyambung konektivitas. Untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas hidup masyarakat, Kabinet Indonesia Maju terus mempercepat pembangunan berbagai fasilitas pelayanan publik di seluruh Indonesia,” tutur Menteri Johnny.

    Akselerasi pembangunan juga tampak dalam upaya Pemerintah membangun 38.600 unit Posyandu, 12.000 unit Polindes, 22.700 unit fasilitas olahraga, serta 56.200 unit PAUD.  Sementara itu, guna memastikan ketersediaan air bersih di seluruh wilayah nusantara, juga telah dibangun 339.000 unit MCK, 38 juta meter drainase, serta 59.200 unit sumur sehingga mampu menyediakan 1,2 juta KM air bersih bagi penghidupan seluruh rakyat Indonesia.

    “Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang telah dirintis pemerintahan-pemerintahan sebelumnya. Pembangunan infrastruktur dilakukan secara akseleratif dengan tetap menjaga keseimbangan antara belanja perlindungan sosial bagi masyarakat rentan melalui berbagai program dan insentif APBN,” jelas Menkominfo.

    Menteri Johnny menyatakan dalam tujuh tahun terakhir, stabilitas politik terjaga dengan baik, sehingga seluruh pihak dapat bersama-sama menghadapi tantangan besar yang muncul dan membangun bangsa Indonesia ke arah yang positif. 

    Oleh karena itu, Menkominfo menegaskan momentum akselerasi pembangunan itu menjadi pengingat dan pendorong bagi seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan nasional. 

    “Mari bersama-sama kita terus upayakan pembangunan bangsa melalui kolaborasi dan sinergi, serta terus melaksanakan pekerjaan besar pembangunan Negara demi terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian berlandaskan asas gotong royong,” tandasnya.

    Dalam konferensi pers, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 448/HM/KOMINFO/09/2022 tentang Gelar Indonesian Night, Menkominfo Terima Dukungan untuk Pencalonan Dewan ITU

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesian Reception Night dihadiri hampir seluruh delegasi negara anggota ITU Selengkapnya

    Siaran Pers No. 447/HM/KOMINFO/09/2022 tentang Menteri Johnny Galang Dukungan Pencalonan Indonesia dalam ITU Lewat Pertemuan Bilateral

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menggalang dukungan melalui pertemuan bilateral dengan perwakilan negara anggota ITU dan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 446/HM/KOMINFO/09/2022 tentang Indonesia - Rumania Saling Dukung, Menkominfo Apresiasi ITU PP 2022 Berjalan Lancar

    Menkominfo menilai forum yang berlangsung empat tahun sekali itu berjalan baik sejak pembukaan pada Senin (26/09/2022). Selengkapnya

    Siaran Pers No. 445/HM/KOMINFO/09/2022 tentang Menkominfo: Indonesia - Rumania Buka Peluang Kerja Sama Transformasi Digital

    Menkominfo menyatakan Pemerintah Republik Indonesia dan Rumania sama-sama sepakat untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur teknologi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA