FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 09-2022

    1657

    [DISINFORMASI] Pemerintah Sengaja Merekayasa Status PPKM untuk Meredam Massa Demonstrasi Kenaikan Harga BBM

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan yang menarasikan bahwa pemerintah sengaja memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia untuk meredam gelombang masyarakat yang turun ke jalan menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

    Dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id, dijelaskan bahwa narasi tersebut adalah keliru. Faktanya, PPKM level 1 diberlakukan kembali sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 dan 43 Tahun 2022, sama seperti kondisi sebelumnya, sehingga tidak ada hubungannya dengan kenaikan BBM. Pemerintah memperpanjang aturan PPKM level 1 sampai level 3 untuk seluruh wilayah di Indonesia hingga 3 Oktober mendatang didasari oleh berbagai pertimbangan ahli sebagai langkah antisipasi agar penyebaran Covid-19 di Indonesia tetap terkendali. Sebagai informasi, hingga 8 September 2022 tingkat persentase kasus positif Covid-19 Jakarta dalam 30 hari terakhir berada di 13,0% dan 10,1% untuk positivity rate Indonesia.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Menekan Bagian Bawah Hidung Merupakan Pertolongan Pertama untuk Orang yang Kehilangan Kesadaran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Dua Pejabat Kemenko Perekonomian Terjerat Kasus Tindak Pidana Korupsi Impor Gula di Kementerian Perdagangan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Mahfud MD Mengaku Dipaksa dan Dibayar Rp800 Miliar untuk Jadi Cawapres Prabowo Subianto

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ferdy Sambo Terlibat dalam Korupsi yang Digunakan untuk Mendanai Kampanye Ganjar Pranowo

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA