FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 09-2022

    340

    Wapres Dorong Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Pusat dan Daerah

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska
    Warga memilih produk unggulan yang dipamerkan di Festival Ekonomi Syariah Jawa 2022 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022). Pameran produk unggulan itu merupakan salah satu kegiatan dalam Festival Ekonomi Syariah Jawa 2022 yang bertema Sinergi Ekonomi dan Keuangan Jawa untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi Jawa yang Inklusif. - (antarafoto)

    Jakarta Pusat, Kominfo – Pemerintah Indonesia fokus menjadikan ekonomi keuangan syariah fondasi untuk memulihkan serta memajukan perekonomian nasional. Berbagai program pun terus diupayakan, tidak hanya di pusat, tetapi juga di daerah. Untuk itu, diperlukan optimalisasi dalam mengembangkan potensi di daerah sebagai upaya memperkuat ekonomi dan keuangan syariah.

    “Potensi di daerah seperti kawasan industri halal kita terus dorong, potensinya apa, UKM-nya, dan industri keuangannya, juga melalui koperasi sampai pada Baitul Mal wa Tamwil (BMT), Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS), hingga yang terkecil itu bank wakaf mikro kita bangun,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf amin ketika menerima Tim Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta, Rabu (14/09/2022).

    Lebih lanjut, Wapres menekankan bahwa penguatan ekonomi dan keuangan syariah akan terus pemerintah lakukan melalui keberadaan lembaga yang membidangi ekonomi dan keuangan syariah.

    “Kita memang ingin komponen ekonomi syariah yang kita bangun terus kita perkuat, itulah makanya kita membangun Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS),” jelasnya.

    Terkait keberlangsungan Bank Muamalat, Wapres meminta agar tetap dijaga karena Bank Muamalat merupakan pioneer dari ekonomi keuangan syariah Indonesia.

    “Bank Muamalat harus terus dijaga keberlangsungannya karena memang Bank Muamalat itu _pioneer_ sekaligus ikon,” pesan Wapres.

    Selain membahas optimalisasi penguatan ekonomi dan keuangan syariah, pada kesempatan tersebut Tim CSPS SKSG UI juga menyerahkan buku “Bank Muamalat Reborn” yang berisikan sejarah Bank Muamalat, dimulai dari masa terbentuk, hingga proses mempertahankan keberadaan ikon bank syariah di Indonesia.

    Menutup pertemuan, Wapres memberikan apresiasi dan berharap agar buku “Bank Muamalat Reborn” dapat menjadi sumber dan catatan sejarah perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

    “Saya menyambut baik dan mengapresiasi penerbitan buku ini, semoga bisa menjadi referensi dan catatan sejarah dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Direktur SKGS UI Athor Subroto menyampaikan bahwa Tim SKSG UI akan terus mendukung kemajuan masyarakat melalui pemberian dukungan secara penuh, khususnya keberlangsungan akademik di Universitas Indonesia.

    “Kami ingin terus memberikan support apa yang bisa mendukung kemajuan umat dan bangsa, paling tidak melalui prodi yang ada di kami,” ujar Athor.

    Hadir pada kesempatan tersebut Ketua CSPS SKSG UI Guntur Subagja, Penulis Buku Bank Muamalat Reborn Anif Punto Utomo dan Iskandar Zulkarnain, Tim Riset Failani Rizona, serta Kepala Divisi Investasi Langsung dan Investasi Lainnya (BPKH) Iman Ni’matullah.

    Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Imam Azis, dan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien. 

    Berita Terkait

    Presiden Dorong Optimisme Hadapi Perekonomian Global Tahun Depan

    Presiden mengingatkan agar nilai ekspor Indonesia tahun 2023 dapat tetap terjaga bahkan meningkat. Selengkapnya

    Wapres Ajak Penguatan Kolaborasi Majukan Kesejahteraan Papua

    Seluruh upaya yang dilakukan untuk menciptakan kedamaian dan inklusivitas bagi masyarakat Papua. Selengkapnya

    Wapres: KAHMI Kekuatan Potensial Bangsa dalam Hadapi Tantangan Global

    Selama lebih dari setengah abad, KAHMI telah aktif ikut andil dalam memajukan negeri. Selengkapnya

    Wapres Serukan Umat Islam Lakukan Salat Gaib dan Doakan Korban Gempa

    Wapres K.H. Ma’ruf Amin mengimbau kepada segenap umat Islam di tanah air untuk melaksanakan salat Gaib dan mendoakan para korban gempa bum Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA