FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2022

    746

    Menkominfo Ajak Operator Telekomunikasi Optimalkan Spektrum Frekuensi Radio

    SIARAN PERS NO. 411/HM/KOMINFO/09/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate dalam Peluncuran Layanan Ooredo HiFi, di Auditorium Kantor Indosat, Jakarta Pusat, Jumat (09/09/2022). - (AYH)

    Siaran Pers No. 411/HM/KOMINFO/09/2022

    Jumat, 9 September 2022

    Tentang

    Menkominfo Ajak Operator Telekomunikasi Optimalkan Spektrum Frekuensi Radio 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan farming dan refarming spektrum frekuensi radio untuk meningkatkan efisiensi sektor telekomunikasi. Menkominfo Johnny G. Plate mengajak seluruh operator telekomunikasi mengoptimalkan pemanfaatan spektrum frekuensi radio untuk kepentingan nasional. 

    “Jangan lagi megang sendiri-sendiri spektrum. Mari kita optimalkan dan manfaatkan spektrum sumber daya yang sangat terbatas ini secara lebih efisien untuk kepentingan nasional. Kita telaah kebutuhannya dengan benar,” ajaknya dalam Peluncuran Layanan Ooredo HiFi, di Auditorium Kantor Indosat, Jakarta Pusat, Jumat (09/09/2022).

    Menkominfo menegaskan pengaturan spektrum frekuensi radio diperlukan untuk mendorong industi telekomunikasi nasional menjadi lebih besar dan lebih kuat.

    Fair basis, setelah kita lakukan konsolidasi kita siapkan infrastruktur yang memadai. Kita atur spektrum dengan baik untuk keseluruhan industri nasional,” tandasnya.

    Menurut Menteri Johnny, saat ini pemerintah telah melakukan efisiensi dengan membuat ceiling dan floor pricing tarif telekomunikasi agar penyediaan infrastruktur, investasi dan daya beli bisa seimbang serta menciptakan kompetisi bisnis yang sehat. 

    “Jangan sampai rakyat dirugikan dilihat dari struktur pasarnya. Dan jangan sampai juga industri dirugikan karena investasi yang dilakukan,” ungkapnya. 

    Menkominfo mengharapkan agar ketersediaan layanan telekomunikasi dapat mendukung transformasi digital yang tengah dilakukan pemerintah.

    “Sehingga bisa digunakan untuk memanfaatkan potensi digital ekonomi dalam rangka transformasi digital, bahkan akselerasi transformasi digital yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

    Dalam acara itu, hadir CEO Indosat Ooredoo Hutchison, VIkram Sinha; Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif; dan Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL), Jerry Mangasas Swandy.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 529/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Hadapi Tantangan Global, Menkominfo Dorong Startup Digital Tempuh Tiga Aksi

    Menkominfo Johnny G. Plate mendorong startup digital melakukan tiga aksi untuk meningkatkan resiliensi. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 528/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Menkominfo Ungkap Peran Frans Seda Jadi Perintis Telekomunikasi

    Dengan berbagai kiprah dan kontribusinya, Menteri Johnny mendukung pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 527/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Menteri Johnny: Jurnalistik dan Teknologi Digital Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

    Peran jurnalis dan teknologi memungkinkan transmisi berita dengan cepat dan akurat ke seluruh pelosok tanah air dan ke seluruh dunia yang me Selengkapnya

    Siaran Pers No. 526/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Penataan Ulang (Refarming) Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz

    Refarming pita frekuensi radio 2,1 GHz rencananya akan dilaksanakan secara nasional dengan periode pertama akan dimulai pada hari Kamis tang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA