FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2022

    1008

    Wapres Harapkan Industri Olahraga Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Balikpapan, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin yang juga Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menginginkan industri olahraga di tanah air tidak hanya mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi tetapi juga menyumbang pertumbuhan ekonomi.

    Hal tersebut disampaikan Wapres saat meresmikan Pembukaan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Jl. Mulawarman, Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat malam, (09/09/2022).

    “Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih,” ujarnya.

    Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa semangat membangun keolahragaan nasional harus terus digelorakan, karena memberikan banyak makna dalam kehidupan.

    “Olahraga mampu menyatukan perbedaan, karena yang diusung adalah kesetaraan. Olahraga bukan semata soal stamina, melainkan tentang kualitas hidup yang lebih sejahtera,” ungkapnya.

    Lebih dari itu, sambung Wapres, olahraga juga mampu membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerjasama yang seluruhnya berguna dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    “Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia,” ujarnya.

    Oleh sebab itu, tema Haornas tahun ini yakni “Bersama Cetak Juara”, menurut Wapres menjadi ajakan bagi segenap bangsa Indonesia untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di bidang olahraga.

    “Para generasi muda, ayo terus bergerak, semangat berolahraga. Para orang tua, jangan kalah dengan pemuda. Bersama kita jadikan olahraga bagian dari keseharian, agar masyarakat Indonesia bergaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat,” ajaknya.

    Kemudian kepada para pendidik dan pelatih, Wapres meminta agar terus serius memunculkan bibit talenta olahraga nasional, agar terangkat martabat bangsa melalui raihan prestasi para atlet di kancah dunia.

    “Mencetak juara tentu bukan perkara instan, melainkan butuh pembinaan secara berkelanjutan yang berbasis pada ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

    Untuk itu, Wapres kembali menekankan pentingnya pemanfaatan sports science secara serius agar para atlet semakin terurus dan berprestasi.

    “Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional,” pungkasnya. 

    Berita Terkait

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA