FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 08-2022

    1092

    Menkominfo RI – Menteri Teknologi Inggris Bahas Kerja Sama Pengadaan Satelit SATRIA 2

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    - (Foto: AYH/Humas Kominfo)

    Badung, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dan Menteri Teknologi dan Ekonomi Digital Kerajaan Inggris (United Kingdom) Damian Noel Thomas Collins, membahas kelanjutan kerja sama pengadaan Satelit Republik Indonesia (SATRIA 2).

    Menteri Johnny mengatakan, pemerintah Inggris telah berkomitmen memberikan dukungan (support) pembiayaan untuk pengadaan satelit hijau (green satellite) dengan kapasitas 300 gigabyte per second (Gbps).

    “Mudah-mudahan dalam jangka waktu tidak terlalu lama bisa kita tindak lanjuti (dukungan pembiayaan satelit SATRIA 2) di working level, di tim-tim teknis,” ujar Menkominfo usai menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Teknologi dan Ekonomi Digital Kerajaan Inggris Damian Noel Thomas Collins setelah rangkaian Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau 4th Digital Economy Working Group G20 (DEWG) Meeting G20 di Nusa Dua, Bali, pada Rabu (31/8/2022).

    Menurut Menkominfo, diskusi kedua menteri turut membahas mengenai kerja sama bilateral antara Indonesia dan Inggris, khususnya di infrastruktur digital hulu (upstream infrastructure).

    Terkait DEWG G20, pertemuan bilateral itu juga melakukan pembahasan-pembahasan dan dukungan dari delegasi Inggris selama seri rapat di DEWG G20.

    Dia mengapresiasi dukungan delegasi Inggris terhadap tiga isu prioritas yang diusung Indonesia dalam DEWG G20, yakni konektivitas dan pemulihan pascapandemi COVID-19 (Connectivity and Postcovid -19 Recovery), Literasi dan Talenta Digital (Digital Skill and Digital Literacy) dan Arus Data Bebas dengan kepercayaan dan Arus Data Lintas Batas Negara (Data Free Flow with Trust and Cross Border Data Flow).

    “Saya tentu atas nama Indonesia mengucapkan terima kasih atas support dan dukungan dari delegasi Inggris sehingga tadi malam bisa selesai kesepakatan untuk tiga isu prioritas DEWG, dengan prinsip-prinsip data management yang tadi malam telah disepakati,” tuturnya.

    Menteri Teknologi dan Ekonomi Digital Kerajaan Inggris, Damian Noel Thomas Collins, mengapresiasi kepemimpinan Indonesia, dalam hal itu Menteri Kominfo dan Ketua DEWG, atas isu-isu prioritas yang diusung tersebut karena merupakan hal fundamental untuk kepentingan dunia di masa depan. 

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada Menkominfo Johnny G Plate yang berhasil mengadakan pertemuan ini untuk mendukung pembangunan infrastruktur digital. Kami akan terus meningkatkan kerja sama dalam bidang digita di masa depan, saya percaya itu akan menjadi salah satu warisan Presidensi G20 Indonesia,” tandasnya.

    Reporter: Wahyu Sudoyo

    Editor: Untung S.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Tinjau Penyedia Layanan Data Center

    Menkominfo meninjau salah satu perusahaan penyedia layanan data center. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA