FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2022

    1493

    E-Commerce Apresiasi Dukungan Kemkominfo di Pameran ITF-DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    - (Humas/Pey)

    Badung, Kominfo – Perusahaan e-commerce mengapresiasi dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam pameran Industry Task Force (ITF) di Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital/Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20.

    “Dukungannya bagus ya. Pak Menteri Kominfo (Johnny G Plate) kemarin juga menyempatkan untuk mengunjungi kami pada pembukaan pameran ITF-DEWG,” ujar Head of Public Policy and Government Relation Gudangada, Muhammad Ruslan, di area Pameran ITF-DEWG G20 di Hotel Mulia Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (30/8/2022).

    Ruslan berharap dukungan Kementerian Kominfo juga difokuskan pada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digital yang menjadi mitra bisnis Gudangada.

    Sebab, para pelaku UMKM digital merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang mampu menggerakkan negara untuk bengkit dari krisis skibat pandemi COVID-19.

    “(Dukungan) Kominfo bisa memastikan kita mendapatkan, misalnya perlindungan dari regulasi (terkait transaksi digital), jadi payung hukumnya jelas,” katanya.

    Menurut Ruslan, dukungan dari pemerintah, termasuk Kementerian Kominfo, dibutuhkan pelaku UMKM digital yang memerlukan pembiayaan untuk mengembangkan usaha mereka.

    Para pelaku UMKM digital yang baru muncul, katanya, seringkali berhadapan dengan masalah pendanaan dari perbankan sehingga sulit untuk berkembang.

    “Ketika teman-teman UMKM membutuhkan pendanaan seringkali mendapat tembok penghalang, tidak bisa mendapatkan pendanaan dari perbankan karena baru muncul,” tuturnya.

    Dia mengakui e-commerce yang menaungi UMKM digital tidak mampu berbuat banyak untuk menolong mereka dari sisi pembiayaan.

    Oleh karenanya Kementerian Kominfo diharapkan bisa membantu mengatasi kendala tersebut melalui sinergi dengan kementerian atau lembaga terkait seperti Kementerian Keuangan hingga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

    “Kalau bisa dibantu dari sisi regulasi, kami membantu dari sisi implementasinya. Kami edukasi mereka (UMKM digital) caranya, apa yang dibutuhkan atau langkah-langkahnya sebelum sampai ke sana,” jelasnya.

    Kementerian Kominfo juga diharapkan bisa bersinergi dengan e-commerce untuk terus mendorong UMKM digital, untuk terus meningkatkan usahanya karena akan berdampak pada ekonomi nasional.

    “Kementerian itu kan posisinya terlalu tinggi kalau langsung turun ke bawah, maka kami yang di situ, tetapi kami butuh dukungan dari kementerian (Kominfo) dari sisi regulasi, hukumnya, arahannya kemudian dari petunjuk teknis (juknis) dan semuanya itu,” pungkasnya.

    Reporter: Wahyu Sudoyo

    Editor: Untung S

    Berita Terkait

    Apresiasi Aksi Baksos DWP, Sekjen Kominfo: Bukti Nyata Kebersamaan

    Sekjen Mira Tayyiba mengapresiasi dedikasi dan komitmen DWP Kementerian Kominfo yang telah ditunjukan dalam menggerakan kegiatan sosial dari Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Pameran dan Gelar Wicara ISES 2023

    Indonesia Startup Ecosystem Summit. Program tersebut merupakan acara tahunan bagi para penggerak dan fasilitator ekosistem startup Indonesia Selengkapnya

    Kominfo Apresiasi Komunikasi Publik Kementan Tangani Penyakit Hewan

    Ada dua hal yang membuat Kementan berhasil menangani penyakit PMK secara cepat. Pertama kompetensi penanganan di lapangan yang mumpuni dan k Selengkapnya

    [Berita Foto] Kominfo Buka Pelatihan FGA

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyatakan pelatihan itu ditujukan untuk meni Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA