FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 08-2022

    179

    TEI ke-37 Jadi Titik Balik Geliat Ekonomi Indonesia Dan Global

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meluncurkan pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di Jakarta Pusat, Rabu (10/08/2022). Pameran dagang internasional terbesar di Asia Tenggara ini akan diselenggarakan secara luring di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada 19 s.d. 23 Oktober 2022. Sementara secara daring, TEI-37 akan digelar hingga 19 Desember 2022.

    “Dengan mengusung tema ‘Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery’, diharapkan TEI ke-37 dapat menjadi titik balik kembalinya geliat ekonomi Indonesia dan global pascapandemi Covid-19,”ujar Mendag Zulkifli Hasan.

    Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, TEI-37 merupakan salah satu bagian dari program prioritas yaknipeningkatan ekspor nonmigas. Meskipun perdagangan global masih mengalami ketidakpastian, Mendag Zulkifli Hasan optimis produk unggulan ekspor Indonesia mampu bertahan dan menembus pasar-pasar ekspor baru. 

    “Ibarat jalan tol, sejumlah perjanjian perdagangan telah ditandatangani dan harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dan eksportir. Kegiatan seperti promosi, pameran, misi dagang, dan pertemuan bisnis yang saat ini hanya dapat dilakukan secara terbatas akan kami tuangkan dalam sebuah ajang promosi terintegrasi dengan format hibrida melalui TEI ke-37,”jelasnya.

    Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, pameran ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengunjung dan buyer. Pengunjung dapat melihat langsung produk-produk berkualitas yang dipamerkan dan memanfaatkan platform digital sehingga kegiatan interaktif antara seller dan buyerberjalan lebih efisien dan efektif.

    Sebelumnya, gelaran TEI ke-36 berhasil mencatatkan transaksi sebesar USD 6,06 miliar. Kemendag optimis TEI ke-37 dapat melampaui prestasi tersebut dan mencapai target transaksi dagang sebesar USD 10 miliar. 

    “Sekarang waktunya Indonesia tidak hanya menjadi pasar, tapi Indonesia yang menyerbu pasar-pasar di luar negeri,”tegas Mendag Zulkifli Hasan.Tahun ini, gelaran TEI terbagi dalam tujuh subsektor bisnis, yakni manufaktur, fesyen dan aksesoris, perawatan kesehatan dan kecantikan, makanan dan minuman, peralatan medis, perabotan dan dekorasi rumah, serta layanan digital. TEI tidak hanya menjadi agenda promosi di sektor perdagangan,  tetapi  juga  untuk  pariwisata  dan  investasi.  Produk  yang  dipromosikan  merupakan barang  dan/atau  jasa  berorientasi  ekspor,  promosi  destinasi  wisata,  serta  peluang  investasi  di Indonesia. 

    “Diharapkan penyelenggaraan TEI akan selalu menjadi  agenda  utama  bagi  seluruh buyer

    di mancanegara untuk mencari produk dan partner bisnis yang tepat. Kami harap nantinya TEI menjadi salah satu pameran B to B terbesar di wilayah Asia,”ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

    Mendag  Zulkifli  Hasan  menambahkan,  di  tengah  pemulihan  ekonomi  global,Indonesia  patut bersyukur  dan  bangga  atas  kinerja  perekonomian.  Menurut  Badan  Pusat  Statistik  (BPS)  ekonomi Indonesia  pada  kuartal  II  2022  tumbuh  5,44  persen  secara  tahunan.  Pertumbuhan  salah  satunya ditopang  kinerja  perdagangan.

    Kinerja  perdagangan  Indonesia juga tumbuh  4,42  persen  secara tahunan. Dari  sisi  ekspor,  surplus  neraca  perdagangan  pada  Semester  I  mencapai  USD  24,89  miliar  atau tertinggi sepanjang sejarah, melebihi 2007 yang tercatat sebesar USD 20,15 miliar. 

    Surplus didorong sektor nonmigas sebesar USD 36,59 miliar dan defisit sektor migas sebesar USD 11,70 miliar. Ekspor nonmigas juga tumbuh 37,33 persen pada Semester I tahun 2022. 

    “Berbagai tantangan global yang kita hadapi, seperti pandemi Covid-19,  situasi  geopo

    litik  yang menyebabkan krisis pangan dan energi, tekanan inflasi dunia yang meningkat tidak menyurutkan kinerja positif neraca perdagangan Indonesia. Fakta-fakta ini tentu akan menambah optimisme kita semua  bahwa  InsyaAllah  Indonesia  akan  mampu  menghadapi situasi sulit saat ini,”kata  Mendag Zulkifli Hasan.

    Sementara    dalam    laporannya, Direktur    Jenderal    Pengembangan    Ekspor Didi

    Sumedimengungkapkan  gelaran  TEI  ke-37  akan  dirangkai  dengan  kegiatan  Jakarta  Muslim  Fashion  Week 2023  yang  akan  dilaksanakan  pada  20 s.d. 22  Oktober  2022.  Kegiatan  ini  sebagai  upayauntuk menjadikan  Indonesia  sebagai  pusat  industri  halal  dan  kiblat  mode  bagi  industri  fesyen  muslim dunia. 

    Wakil  Ketua  Umum  Bidang  Perdagangan  Kadin  Indonesia  Juan  Permata  Adoemenambahkan,  TEI sangat penting dalam industri danperdagangan bagi Kadin dan anggotanya. Asosiasi membutuhkan TEI  untuk  meningkatkan  ekspor.

    Menurutnya,  konsistensi  dalam  pameran  ini  sangat  penting  dan diharapkan gelaran ini menjadi agenda dunia.Untuk  informasi  umumdan  pendaftaran  usaha  di  TEI  ke-37,  publik  bisa  mengunjungi  situs  resmi www.tradexpoindonesia.com. 

     

     

     

     

    Berita Terkait

    Presiden: Ekonomi Digital Pesat, Startup Indonesia Punya Banyak Peluang

    Selain itu, Kepala Negara menyebut, Indonesia juga memiliki potensi lain yakni jumlah pengguna internet yang besar yang mencapai 77 persen d Selengkapnya

    WTD 2022 Jadi Momentum Strategis Indonesia Wujudkan Agenda Pariwisata Berkelanjutan

    World Tourism Day tahun ini dirayakan sebagai sebuah peralihan menuju pariwisata yang akan dikenal sebagai sebuah pilar penting bagi pembang Selengkapnya

    WTD 2022 Peluang Indonesia Jadi Lokomotif Pemulihan Pariwisata Global

    Pemulihan sektor pariwisata Indonesia dinilai menjadi salah satu best practice. Data menunjukkan pada Juli 2022, kedatangan wisatawan mancan Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo: Waspada Risiko Gejolak Ekonomi Global

    IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi global melambat signifikan dari 6,1 persen di tahun 2021 menjadi 3,2 persen di tahun 2022 dan 2,9 persen Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA