FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 08-2022

    1025

    Awas Hoaks! Cara Hentikan Lonjakan Protein Spike Akibat Vaksin

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar pesan berantai dalam aplikasi percakapan WhatsApp berisi informasi mengenai langkah menghentikan lonjakan protein spike akibat vaksin dengan zat nikotin pada rokok. Konon pesan berantai itu juga menjelaskan cara mengeluarkan tembakau dari rokok, meredamnya lalu meminum air rendaman tembakau  tersebut.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari liputan6.com, ternyata Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Erlang Samoedro menegaskan klaim itu hoaks.

    Sesuai penjelasan Valda Garcia dalam artikel berjudul "Daftar Racun Berbahaya dan Mematikan dalam Rokok" yang dimuat situs klikdokter.com menyebutkan bahwa rokok mengandung ratusan bahkan ribuan zat yang berbahaya bagi kesehatan.

    “Sebatang rokok yang kecil mengandung lebih dari 500 jenis bahan kimia. Ketika dibakar, zat yang terkandung dalam rokok dapat beranak-pinak menjadi lebih dari 6.000 jenis,” ungkapnya.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (03/08/2022):

    1. [HOAKS] Broadcast Layanan Pesan Bergambar pada WhatsApp yang Menampilkan Foto Direktur Utama BRI
    2. [HOAKS] Enam Dokter Kanada Meninggal Mendadak Berturut-turut dalam Waktu Dua Minggu Terkait Vaksin Covid-19 Dosis Keempat
    3. [HOAKS] Cara Hentikan Lonjakan Protein Spike Akibat Vaksin dengan Rokok

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Lowongan Pekerjaan Online!

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Give Away DPKP Kota Bandung

    Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat agar tidak menanggapi dan berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan DPKP Kota Bandung. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Ada Lumpur Mengandung Gas di Wilayah Konstruksi IKN

    Deputi Sarana dan Prasarana IKN, Silvia Halim, juga menegaskan bahwa unggahan video tersebut hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Bikin Pemukiman Warga Tangerang Jebol

    Faktanya dalam video tersebut narator hanya membaca ulang artikel milik antaranews.com berjudul “543 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di T Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA