FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 08-2022

    194

    Video Awan Jatuh di Kampar? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar unggahan video di media sosial TikTok yang memperlihatkan gumpalan busa berwarna putih di sepanjang jalan dan pepohonan kelapa sawit. Konon, unggahan itu disertai keterangan awan itu jatuh dari langit di kawasan Kabupaten Kampar, Riau.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari merdeka.com yang menjelaskan gumpalan tersebut diduga merupakan busa dari limbah industri atau pabrik yang terbawa angin.

    Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Ahmad Agus Widodo menegaskan gumpalan warna putih yang ada dalam video bukanlah awan jatuh.

    "Berdasarkan hasil penelusuran di media sosial, video viral tersebut merupakan video lama yang diunggah kembali," jelasnya.

    Sementara itu, Profesor Riset dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menegaskan bahwa video viral tersebut bukan kejadian awan jatuh.

    "Awan tidak bisa jatuh karena berasal dari uap air yang hangat sehingga terangkat ke atas. Namun, yang bisa jatuh hanyalah butir-butir awan yang berat dalam bentuk hujan," tegasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (02/08/2022): 

    1.  [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya
    2. [HOAKS] Amerika Serikat Menggunakan Burung untuk Mengirim Virus Cacar Monyet ke Asia
    3.  [HOAKS] Dana Bantuan BPJS Kesehatan Mewakili Provinsi
    4. [HOAKS] Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank Jago
    5. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Depok
    6. [HOAKS] Akun Palsu Mengatasnamakan Ketua Kelompok Tani Aren Getah Uyung, Buleleng

    Berita Terkait

    Pencurian di Kapal Motor Nggapulu? Awas Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim pada video kejadian pencurian di KM Nggapulu tersebu Selengkapnya

    Kominfo Dorong Badan Publik Tingkatkan Keterbukaan Informasi

    Keterbukaan informasi adalah amanat UU, sehingga harus mendapat jaminan, meskipun 13 tahun setelah diundangkan, UU KIP tidak berjalan dengan Selengkapnya

    Siapkan DEWG Jadi Stimulus Digitalisasi UMKM

    Stafus Menteri Kominfo Bidang Digital dan SDM menyatakan melalui penyelenggaraan Digital Economy Working Group (DEWG), Kementerian Kominfo j Selengkapnya

    Kominfo Gandeng TNI-AL Tingkatkan Sinergi Dukungan Data dan Informasi

    Kerja sama dengan TNI AL merupakan momentum yang sangat baik untuk saling mendukung ketersediaan data dan informasi. Mengingat kerjasama ter Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA