FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 07-2022

    161

    Hubungkan 149.000 Titik, SATRIA-1 Jadi Telecoms Deal of The Year

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta Pusat, Kominfo - Satelit Indonesia Raya (SATRIA) 1 telah dinobatkan menjadi Telecoms Deal of The Year oleh IJGlobal. Lewat IJGlobal Awards 2021 lembaga itu memberikan pengakuan atas kesepakatan pembiayaan dan financial greenfield fantastis di Asia Pasifik selama tahun kalender 2021.

    Sebagai Proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public-Privat Partnership (PPP), SATRIA dijuluki sebagai Project Space Dream. Pasalnya, satelit multifungsi pertama itu ditujukan untuk menyediakan konektivitas ke lebih dari 149.000 titik layanan publik di seluruh nusantara. 

    “Proyek ini memanfaatkan konektivitas berbasis satelit untuk membawa manfaat sosial dan ekonomi yang signifikan ke daerah-daerah terpencil di Indonesia,” jelas Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Latief di Jakarta Pusat, Kamis (28/07/2022).

    Untuk Indonesia, konektivitas berbasis satelit adalah satu-satunya teknologi akses yang layak untuk mengatasi lokasi-lokasi terpencil ini dengan biaya yang efektif. 

    “SATRIA memiliki kapasitas throughput 150 miliar bit per second (Gbps), tiga kali lipat dari kapasitas 9 satelit telekomunikasi yang digunakan Indonesia,” ujar Dirut Anang Latif.

    Julukan Project Space Dream menurut Dirut BAKTI Kementerian Kominfo merupakan istilah yang merujuk pada transaksi unik yang menunjukkan iklim investasi kuat di Indonesia. “Bagaimana infrastruktur telekomunikasi berskala besar dan inovatif, selama pandemi global yang sedang berlangsung,” tandasnya. 

    KPBU SATRIA yang merupakan satelit multi-fungsi pertama di Indonesia dibangun konsorsium yang dipimpin Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Dalam catatan  IJGlobal, kesepakatan USD550 juta adalah investasi paling signifikan dan strategis dalam sejarah perusahaan PSN, pelopor domestik, dan salah satu kontrak pasokan satelit terbesar untuk Thales secara global. 

    “Paket utang USD436 juta menarik dua lembaga keuangan pembangunan dan dua bank komersial termasuk HSBC. Paket pembiayaan terdiri dari dua tahap memiliki bauran 61/39, atau kombinasi fasilitas tertutup dan tidak tertutup, yang terdiri dari pinjaman sindikasi yang ditanggung Bpifrance senilai USD267 juta dan fasilitas terbuka senilai USD169 juta,” jelas Dirut Anang Latif. 

    Bagi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dan Korea Development Bank, proyek ini merupakan pembiayaan sektor swasta pertama untuk satelit di Indonesia. Project Space Dream yang disponsori oleh PSN, Pintar Nusantara Sejahtera, Nusantara Satelit Sejahtera dan Dian Semesta Sentosa juga merupakan transaksi project finance pertama di Indonesia untuk Santander.

    IJGlobal Awards 2021diumumkan dalam jamuan makan malam di ParkRoyal Collection, Singapura, Rabu (27/07/2022) malam. 

    Berita Terkait

    Kembangkan Tourism 4.0 Jadikan Milenial Sasaran Utama

    Upaya pemerintah mengembangkan pariwisata melalui tourism 4.0 menjadikan milenial sebagai sasaran utama. “Anak muda sekarang tidak bisa le Selengkapnya

    Penggunaan Frekuensi 1900 MHz Smart Telecom Resmi Dihentikan

    Penandatangan berita acara penghentian penggunaan pita frekuensi radio 1900 MHz antara PT. Smart Telecom dengan 18 Kepala UPT Monitoring Spe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA