FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 07-2022

    1196

    [DISINFORMASI] Vaksin Covid-19 Belum Dilakukan Proses Pengujian dan Masyarakat Indonesia adalah Kelinci Percobaan Vaksin

    Kategori Hoaks | Viska

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video berdurasi 2 menit 6 detik pada media sosial WhatsApp. Video tersebut menampilkan seorang laki-laki yang disinyalir bukan merupakan warga negara Indonesia. Lelaki tersebut membuat pernyataan tentang vaksin Covid-19 yang telah diberikan kepada mayoritas masyarakat Indonesia, seperti vaksin Sinovac, Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca, merupakan vaksin yang belum dilakukan pengujian dan dapat menyebabkan kematian. Pada video tersebut juga menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo menjadikan masyarakat Indonesia sebagai kelinci percobaan vaksin Covid-19.

    Faktanya, informasi yang disampaikan laki-laki tersebut mengenai vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan kepada mayoritas masyarakat Indonesia merupakan vaksin yang belum dilakukan pengujian dan dapat menyebabkan kematian, serta tindakan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Indonesia sebagai tindakan kelinci percobaan merupakan pernyataan yang tidak benar dan menyesatkan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang juga merujuk kepada regulasi dan standar internasional, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), telah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 telah dilakukan proses pengujian dan dinyatakan aman digunakan.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link counter:

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Proses Penandatanganan Bukti Pelunasan Utang Indonesia Ke Cina

    Selengkapnya

    [HOAKS] Vaksin Covid-19 Dapat Menyebabkan Penyakit Lambung pada Perempuan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Edaran Bank Indonesia Tidak Melayani Penukaran Uang Baru

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bantuan Dana Senilai Rp100 Juta Diberikan untuk Tenaga Kerja Indonesia Mengatasnamakan Kementerian Kesehatan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA