FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 06-2022

    602

    Wajah Baru Sarinah, Wapres: Upaya Nyata Tingkatkan Standar dan Perluas Pasar UMKM

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan peninjauan di Gedung Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/06/2022). Dalam kunjungan tersebut, Wapres yang didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir, melihat secara langsung wajah baru Gedung Sarinah yang di dalamnya ditampilkan berbagai produk UMKM dengan berbagai ragam mulai dari kain tradisional, baju, kerajinan, alas kaki, produk kecantikan, hingga makanan dan minuman.

    “Saya lihat ini merupakan upaya meningkatkan selain pasar tapi juga mutu, standarnya naik. Ini merupakan satu upaya untuk melakukan upaya pemberdayaan, peningkatan UMKM kita ke depan,” tutur Wapres dalam keterangan persnya usai melakukan peninjauan.

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, peningkatan mutu dan standar ini dapat terlihat dengan jelas. Sebab, sebelum sebuah produk dapat memasuki etalase, telah dilakukan penyaringan yang ketat dari pihak manajemen Sarinah.

    “Saya lihat tadi itu produk UMKM ini betul-betul naik kelas dan produk-produk yang bisa masuk ini produk-produk yang sudah dikurasi oleh pihak Sarinah sehingga standarnya itu standar yang internasional,” papar Wapres.

    Hal tersebut, lanjut Wapres, merupakan salah satu pendorong utama dalam meningkatkan daya tarik produk UMKM Indonesia di mata para pembeli.

    “Sarinah baru yang sudah direnovasi begitu sangat baik sebagai etalase daripada produk-produk UMKM,” tegasnya.

    Menutup keterangan persnya Wapres berharap agar ke depan produk UMKM Indonesia dapat semakin diminati baik bagi pembeli domestik maupun pembeli asing.

    “Dengan adanya Sarinah baru ini, kita harapkan bahwa market (pasar) UMKM kita akan semakin besar dan mendunia, meng-global,” pungkas Wapres.

    Sejalan dengan Wapres, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, bahwa kendala yang selama ini kerap dihadapi oleh pelaku UMKM seperti tantangan packaging (pengemasan), peningkatan mutu, dan promosi, akan perlahan-lahan ditingkatkan melalui sistem penyaringan di Sarinah. Dengan demikian, tambahnya, produk lokal Indonesia akan semakin berdaya saing dan para pelaku UMKM pun turut terpacu untuk memproduksi produk-produk yang berkualitas.

    “Sarinah kita coba jadi etalase supaya juga banyak masyarakat dan juga tentu para buyers atau pembeli dari berbagai mancanegara itu bisa melihat kualitas yang kita sudah lakukan selama ini,” ungkap Erick.

    “Kesempatan ini luar biasa, kita bisa buktikan sekarang bahwa memang produk-produk kita kualitasnya baik,” tandasnya.

    Selain Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN, hadir pula dalam peninjauan ini Direktur Utama PT. Sarinah (Persero) Fetty Kwartati.

    Berita Terkait

    Pimpin SKP, Presiden Tekankan Kesiapan Ramadan dan Penyusunan RAPBN 2025

    Presiden menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khu Selengkapnya

    Wapres Bahas Peningkatan Kerja Sama dengan Menteri Energi dan Infrastruktur PEA

    Wapres mengharapkan bahwa kerja sama ini tidak hanya terbatas pada lingkup universitas, tetapi juga merambah kalangan pesantren. Sehingga, p Selengkapnya

    Terima Dubes RI Untuk Bulgaria, Wapres Minta Ada Terobosan Daerah Perdagangan Baru

    Saat ini Indonesia harus melebarkan sayap kerja sama baru dengan berbagai negara untuk membangun Hub Perdagangan. Selengkapnya

    Wapres Minta TNI AD Turut Sukseskan Pemilu dan Tingkatkan Peran Sejahterakan Masyarakat

    Wapres menekankan pentingnya peran TNI AD dalam membantu menyukseskan pelaksaan pesta demokrasi, Pemilu dan Pilpres 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA