FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 06-2022

    1052

    Dukung Pertumbuhan dan Manfaat Ekonomi Digital, Sekjen Kominfo Tekankan Tiga Isu Prioritas DEWG

    SIARAN PERS NO. 247/HM/KOMINFO/06/2022
    Kategori Siaran Pers
    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba - (Pey)

    Siaran Pers No. 247/HM/KOMINFO/06/2022

    Jumat, 10 Juni 2022

    Tentang

    Dukung Pertumbuhan dan Manfaat Ekonomi Digital, Sekjen Kominfo Tekankan Tiga Isu Prioritas DEWG

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan, tiga isu proritas yang diangkat dalam Digital Economy Working Group (DEWG) yaitu konektivitas dan pemulihan paska pandemi Covid-19, literasi dan kecakapan digital, serta arus data lintas batas negara sangat penting  dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Pembahasan ketiga isu prioritas DEWG dapat mendukung pertumbuhan perekonomian, khususnya perkembangan ekonomi digital Indonesia dan manfaatnya bagi dunia usaha dan masyarakat,” tuturnya dalam Sofa Talk Series Mengulik Aspek Ekonomi pada Tiga Isu Prioritas DEWG, secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (10/06/2022).

    Kementerian Kominfo sebagai pengampu DEWG G20 telah memulai rangkaian kegiatan hingga dua pertemuan. Adapun pertemuan pertama diselenggarakan di Lombok tanggal 29 s.d. 30 Maret 2022 dan sidang kedua di Yogyakarta tanggal 17 s.d. 19 Mei 2022.

    “Saat ini kami sedang mempersiapkan sidang ketiga yang akan diselenggarakan bulan depan (bulan Juli) di Labuan Bajo. Secara singkat dapat kami sampaikan bahwa sejauh ini sidang berjalan baik dan kondusif,” ujarnya.

    Sekjen Kementerian Kominfo yang juga menjadi Chair DEWG mengatakan pembahasan tiga isu prioritas selama sidang DEWG berjalan lancar. Menurutnya, hal itu dilatari adanya dukungan kuat negara anggota G20 atas esensi ketiga isu prioritas yang diusulkan Indonesia.

    “Kami juga ingin menegaskan bahwa pembahasan yang berjalan di ruang sidang bukanlah sekedar konsep tetapi hal nyata, hal yang rill dan membawa manfaat bagi kita semua, terutama dalam aspek ekonomi,” jelasnya.

    Selanjutnya, untuk mendukung setiap pelaksanaan pertemuan DEWG, Kementerian Kominfo sekaligus pengampu DEWG mengadakan Sofa Talk series sebagai forum sosialisasi. Saat ini, forum tersebut telah digelar sebanyak enam seri dengan topik pembahasan yang berbeda-beda.

    “Jika Bapak, Ibu, dan teman-teman mengikuti pembahasan dari Sofa Talk yang pertama tentunya telah mendengar pembahasan di mana kami memperkenalkan apa itu Digital Economy Working Group atau yang sering kita singkat dengan DEWG, serta tiga isu prioritas yang menjadi pokok pembahasan dalam DEWG,” jelasnya.

    Dalam Sofa Talk kedua hingga keempat, Kementerian Kominfo telah menggali lebih dalam tiga isu prioritas tersebut. Selain itu, setiap pelaksanaan Sofa Talk juga melibatkan mitra National Strategic Stakeholder dan National Knowledge Partner.

    “Kemudian, pada Sofa Talk yang kelima kami merekapitulasi isu digital pada Presidensi G20 Indonesia dan menjelaskan linimasa mengenai kegiatan pertemuan DEWG,” jelas Sekjen Kominfo.

    Dalam Sofa Talk seri keenam, Chair DEWG menjelaskan topik pembahasan yang diangkat sedikit berbeda dan tidak lagi mengenai tiga isu prioritas DEWG, tetapi lebih fokus mengulik aspek ekonomi pada tiga isu prioritas tersebut.

    “Untuk itu kami telah mengundang para pakar ekonomi dari INDEF, dan ISED serta praktisi dari iDEA untuk berdiskusi bersama tentang topik yang menarik ini,” jelasnya.

    Mira Tayyiba menegaskan, aspek ekonomi dalam tiga isu prioritas DEWG begitu penting untuk diulas dalam mendorong transformasi digital nasional yang menjadi program dan kebijakan strategis pemerintah.

    “Kiranya diskusi pada hari ini dapat memberikan insight kepada kita semua dan dapat menekankan kembali pentingnya ketiga isu yang diampu oleh DEWG. Tentu dalam perkembangan ekonomi digital Indonesia dan mendorong transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” tuturnya.

    Dalam Sofa Talk kali ini, hadir Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia Bima Laga, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance Tauhid Ahmad, dan Dewan Pakar Institute for Social Economic Digital Indonesia Rosdiana Sijabat.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 289/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

    Pemerintah membuka masukan dan saran dari negara-negara yang sudah lebih dulu mengaplikasikan teknologi 5G. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 288/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Jajaki RAM, Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

    Menteri Budi Arie menyatakan Indonesia menggunakan pendekatan horizontal dan vertikal untuk menyusun regulasi yang berkaitan dengan teknolog Selengkapnya

    Siaran Pers No. 287/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi AI secara Etis

    Kehadiran pedoman etika menjadi acuan untuk mengurangi risiko pemanfaatan teknologi AI untuk sektor komunikasi publik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 286/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Pelaku Komunikasi Publik Adopsi Teknologi AI

    Menkominfo mengingatkan pelaku komunikasi publik untuk memiliki strategi dalam beradaptasi dengan teknologi AI. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA