FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2022

    1355

    Kominfo Dukung Gerakan Nasional Petra Digital

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Manado, Kominfo – Pengurus Pusat Pemuda Katolik menginisiasi Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital (Petra Digital) untuk menyiapkan kadernya menjadi talenta digital.

    Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatia Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang mengapresiasi Gerakan Nasional Petra Digital karena sejalan dengan program Kementerian Kominfo untuk menyiapkan talenta digital di seluruh daerah.  

    “Kementerian Kominfo menyambut gembira dan mendukung sepenuhnya keterlibatan aktif Pengurus Pusat Pemuda Katolik dalam Gerakan Nasional Literasi Digital melalui inisiasi Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital atau Petra Digital,” ujarnya dalam Rakernas Pemuda Katolik di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (27/05/2022)

    Mewakili Menkominfo Johnny G Plate, Stafsus Phillip Gobang menyatakan kata Petra dalam Petra Digital memiliki kemiripan dengan slogan umat Katolik yakni Pro Ecclesia et Patria yang berarti demi Gereja dan Tanah Air. Dengan demikian, partisipasi para Pemuda Katolik dalam pembantukan talenta digital harus ditujukan untuk kebaikan bersama demi hal yang dicintai untuk kemajuan gereja dan tanah air.

    “Partisipasi generasi Pemuda Katolik harus menjadi garda terdepan akselerator transformasi digital untuk membangun okesistem digital yang inklusif dan menciptakan peluang ekonomi baru bagi kelompok basis masyarakat di seluruh pelosok tanah air,” jelasnya.

    Stafsus Philip Gobang mengatakan, pelaksanaan Rakernas Pemuda Katolik beriringan waktunya dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 beberapa hari lalu. Menurutnya, momentum itu merefleksikan kembali perjalanan bangsa, sekaligus mentransformasikan nilai-nilai perjuangan keindonesiaan.

    “Kita semua ketahui karakter keindonesiaan tercermin dalam sikap pluralisme atau kebhinekaan, kekeluargaan, kesantunan, toleransi, sikap moderat, keterbukaan, dan rasa kemanusiaan,” tegasnya.

    Menurut Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Indonesia juga berada dalam proses pembangunan di berbagai sektor yang terus bergerak maju. Namun, pada saat yang sama juga terdapat tantangan yang tidak mudah seperti radikalisme, intoleransi, politisasi yang menyebar melalui ruang digital yang bisa menggerus semangat persatuan dan kebangsaan.

    “Menghadapi tantangan seperti ini, Kementerian Kominfo berupaya mendorong bertumbuhnya nilai-nilai kebangsaan terutama di kalangan generasi muda melalui literasi digital,” ujarnya.

    Stafsus Philip Gobang mengatakan, sedianya Menkominfo Johnny G. Plate ingin menghadiri langsung acara Rakernas Pemuda Katolik di Manado. Namun niatan tersebut tak bisa direalisasikan karena Menkominfo sedang mengikuti rangkaian acara World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, yang juga dihadiri sejumlah menteri.

    “Sehingga ada titip salam hangat dan salam semangat perjuangan dari Pak Menteri (Kominfo) untuk kita semua,” tandasnya.

    Acara itu turut dihadiri Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma'ruf, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pujianto, Ketua Umum DPP KNPI Riyanto Panjaitan, dan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA