FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 05-2022

    328

    Kemenparekraf Promosikan Sejarah Bali ke Delegasi GPDRR 2022

    Kategori GPDRR | mth

    Badung, Kominfo Newsroom - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memperkenalkan dan mempromosikan sejarah Bali kepada delegasi yang menghadiri acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang digelar di pulau dewata melalui paket fieldtrip ke destinasi wisata Monumen Bajra Sandhi.

    Monumen yang berlokasi di Renon, Denpasar, Bali itu mempunyai nama lain yaitu Monumen Perjuangan Rakyat Bali, yang selama ini menjadi bukti perjuangan rakyat Bali dalam melawan penjajah.

    Salah seorang tour guide, Dewo Made Sudana mengatakan, monumen itu dibangun untuk memberi penghormatan pada para pahlawan yang melawan penjajah.

    “Dibangunnya monumen ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air kepada generasi muda, khususnya masyarakat Bali. Oleh kareanya, diputuskan untuk dibangun monumen ini,” ujar Dewo di Nusa Dua, Badung Bali, Rabu (25/05/2022).

    Menurutnya, Monumen Bajra Sandhi menjadi daya tarik mengesankan bagi wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara, sebab memiliki desain yang unik, dan keindahan tersendiri.

    Dengan mempromosikannya kepada wisatawan diharapkan akan semakin membangkitkan kinerja ekonomi dan membuka semakin luas peluang kerja.

    Terdapat tiga bagian utama di monumen Bajra Sandhi diantaranya Nistaning Utama Mandala yang terletak di lantai dasar gedung. Bagian ini dilengkapi dengan beberapa ruangan, seperti ruang pameran, informasi, administrasi, ruang rapat, hingga perpustakaan.

    Kemudian Madianing Utama Mandala yang berada di lantai tengah dan menjadi tempat yang menampilkan 33 diorama perjuangan rakyat Bali dari waktu ke waktu. Terdapat pula kolam ikan bundar yang diberi nama Puser Tasik. Kolam ikan ini makin indah dengan ornamen air mancur patung katak.

    “Bagian kedua ini adalah tempat utama untuk wisatawan mengenal sejarah Bali lewat 33 diorama dari waktu ke waktu,” kata Dewo.

    Sedangkan bagian Utamaning Utama Mandala berada di lantai atas atau disebut ruang peninjauan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Denpasar dari perspektif 360 derajat melalui lantai atas ini.

    Pada program fieldtrip ini, Kemenparekraf sendiri mewajibkan penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE), agar mengantisipasi meningkatnya angka kasus COVID-19.

    Selain itu, mewajibkan delegasi GPDRR 2022 mengakses PeduliLindungi di tiap destinasi yang dikunjungi, mewajibkan kapasitas bus yang digunakan adalah 35 tempat duduk yang diisi oleh 20 orang. Serta mewajibkan delegasi dan pelaksana lapangan untuk menginap di kawasan Nusa Dua.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, berharap delegasi GPDRR 2022 bisa menikmati keindahan hingga takjub dengan sejarah Bali melalui destinasi wisata Monumen Bejra Sandhi.

    “Saya juga berharap dengan adanya GPDRR 2022, bisa berdampak kebangkitan ekonomani nasional, terbukanya peluang usaha, dan lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandiaga.

    Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR ke-7 yang bertema “Fostering Collaboration towards Sustainable Resilience” pada 23 hingga 28 Mei 2022 di Bali.

    Ajang GPDRR 2022 bertujuan untuk meningkatkan upaya melalui komunikasi dan koordinasi antara para pemangku kepentingan seperti pemerintah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi dan institusi internasional, lembaga swadaya masyarakat, ilmuwan atau akademisi, dan pelaku sektor swasta untuk berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka global PRB atau Sendai Framework for DRR 2015-2030.


    Berita Terkait

    Indonesia Dorong Tiga Usulan di GPDRR 2022

    Platform Global Pengurangan Risiko Bencana Ketujuh atau 7th Global Platform Disaster Risk Reduction (GPDRR) merupakan kesempatan bagi Indone Selengkapnya

    Pasukan Berkuda Polri Ikut Amankan GDPRR 2022 di Bali

    Pasukan berkuda Polri (K9) turut melakukan pengamanan menjelang pembukaan pelaksanaan event 7th Global Platform For Disaster Risk Reduction Selengkapnya

    Kemenparekraf Ajak Delegasi GPDRR Nikmati Pura Taman Ayun

    Menparekraf Sandiaga berharap dengan adanya paket fieldtrip berbayar yang ditawarkan pada delegasi GPDRR 2022 itu bisa turut membangkitkan e Selengkapnya

    Pelayanan Inklusif untuk Delegasi dan Jurnalis GPDRR 2022

    Panitia Nasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) menyediakan pelayanan untuk para delegasi dan jurnalis di Bandar udara Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA