FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 04-2022

    2644

    Pemerintah dan Penyelenggara Multipleksing Tetap Komitmen ASO Sesuai Jadwal

    SIARAN PERS NO. 140/HM/KOMINFO/04/2022
    Kategori Siaran Pers
    Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ismail (tengah), dalam Konferensi Pers: Persiapan Penghentian Analog Switch Off (ASO) Tahap I, yang berlangsung virtual dari Media Center Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (12/04/2022). - (AYH)

    Siaran Pers No. 140/HM/KOMINFO/04/2022

    Selasa, 12 April 2022

    Tentang

    Pemerintah dan Penyelenggara Multipleksing Tetap Komitmen ASO Sesuai Jadwal

     

    Implementasi siaran televisi digital atau analog switch off (ASO) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja paling lambat berlangsung tanggal 2 November 2022. Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ismail menyatakan pemerintah bersama seluruh lembaga penyiaran multipleksing (mux) memiliki komitmen yang sama dan jelas untuk melaksanakan amanat sesuai jadwal dalam UU Cipta Kerja.

    “Saya ingin menyampaikan beberapa hal terkait dengan Rapat Persiapan ASO yang baru saja selesai dipimpin oleh Bapak Menteri Kominfo dan dihadiri perwakilan seluruh lembaga penyiaran multipleksing Indonesia. Hari ini kami mendiskusikan tentang proses dan tata cara pelaksanaan ASO. Komitmen kita yaitu berpegang teguh karena ini merupakan amanat undang-undang dan akan kita laksanakan dengan baik,” ujarnya dalam Konferensi Pers: Persiapan Penghentian Analog Switch Off (ASO) Tahap I, yang berlangsung secara hibrida dari Media Center Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (12/04/2022).

    Plt. Dirjen PPI Ismail menegaskan, pemerintah dan seluruh lembaga penyiaran, semuanya bertekad agar pelaksanaan ASO dapat berjalan dengan baik. “Dan yang penting lagi, seluruh masyarakat dapat menikmati siaran digital nantinya secara lebih berkualitas gambarnya, suaranya, dan teknologinya lebih canggih,” tandasnya.

    Menurut Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo, seluruh pihak ingin menjalankan ASO tanpa menimbulkan gejolak dan kegaduhan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, pelaksanaan ASO akan dijalankan secara hati-hati, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati siaran televisi eksisting sampai dengan pengalihan siaran analog menjadi digital.

    “Jadi, saat ini masih berjalan secara simulcast penyiaran antara analog dan digital,” ujarnya.

    Penyelenggaraan ASO dan siaran digital bergantung pada kesiapan infrastruktur, ketersediaan Set Top Box, dan kesiapan masyarakat. Selain itu, Plt. Dirjen PPI Ismail menyatakan pemerintah juga melaksanakan simulcast agar dalam waktu bersamaan masyarakat yang belum beralih ke perangkat digiital bisa menyaksikan siaran televisi analog dan digital. 

    “Jadi pilarnya untuk melakukan migrasi analog ke digital ini ada empat. Pertama, infratruktur yaitu transmitter atau pemancar dan sebagainya sudah disiapkan oleh operator dan untuk tahap satu ini sudah ready. Kedua, Set Top Box untuk masyarakat miskin itu dibagikan. Untuk yang nonmiskin itu jauh lebih besar. Kita imbau untuk beli dari sekarang," jelasnya. 

    Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo menyatakan pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mulai mempersiapkan STB dan perangkat televisi agar bisa menerima siaran digital.

    “Tolong dicek agar televisi bisa menangkap siaran digital, karena hampir di seluruh Indonesia sekarang siaran digital sudah bersiaran. Jadi tidak perlu menunggu sampai pelaksanaan ASO atau dimatikan. Saat ini juga silakan dicoba karena siarannya jauh lebih berkualitas dan siapkan perangkat TV-nya,” tuturnya.

    Plt. Dirjen PPI Ismail menjelaskan Pemerintah terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mengerti dan memahami maksud dan tujuan migrasi TV ke digital.

    “Sosialisasi dilakukan tentu tidak per desa, tetapi per wilayah kabupaten, kota dan provinsi itu kita sudah jalan terus. Bentuk sosialisasinya diskusi, seminar, webminar dan sebagainya. Pemda juga sudah kita koordinasikan. Saya juga sudah buat surat kepada seluruh Gubernur dan Bupati yang terdampak ASO, mereka sudah kami informasikan tentang hal ini,” jelasnya.

    Bantuan STB

    Plt. Direktur Jenderal PPI Kementerian Kominfo menyatakan pemerintah dan penyelenggara multipleksing juga menyediakan bantuan Set Top Box. Saat ini, sebagian STB sudah didistribusikan dan Kementerian Kominfo terus melakukan reviu agar bantuan tepat sasaran.

    “Berjalan terus tiap hari, karena kewajiban ini kan mux operator intinya yang berkewajiban untuk membagi STB itu. Daftarnya pun ada di website bantuanstb.kominfo,go.id, sudah disiapkan. Misalnya desa ini yang bertanggung jawab MNC Group, desa itu bagiannya SCTV Group, jadi pembagiannya sudah jelas,” jelasnya.

    Lebih lanjut, mengenai pelaksanaan ASO, Plt. Dirjen PPI Ismail mengatakan hingga saat ini masih sesuai dengan rencana awal dan akan dijalankan dalam tiga tahap.

    “ASO tahap I pokoknya berjalan secara alamiah, mudah-mudahan sesuai rencana. Tahap pertama April, kemudian Agustus dan November. Tapi kami terus melakukan reviu bersama industri penyiaran Indonesia untuk meyakinkan bahwa seluruh masyarakat dapat menikmati siaran dengan baik dan berkualitas, serta tidak timbul gejolak dan kegaduhan di masyarakat akibat proses yang kita jalankan. Kami berdiri bersama-sama di sini, menunjukkan rencana, tekad besar dari industri penyiaran Indonesia untuk melakukan migrasi dari siaran analog menuju ke siaran digital,” tandasnya.

    Dalam konferensi pers itu, Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ismail didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong; Staf Khusus Menkominfo Bidang IKP, Transformasi Digital dan Hubungan Antar Lembaga, Rosarita Niken Widiastuti; serta Direktur Penyiaran Ditjen PPI, Geryantika Kurnia.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Plt Dirjen PPI-Ismail- Konpers ASO I-AYH-2.jpg Plt Dirjen PPI-Ismail- Konpers ASO I-AYH-1.jpg

    Plt Dirjen PPI-Ismail- Konpers ASO I-AYH-3.jpg

    Plt Dirjen PPI-Ismail- Konpers ASO I-AYH-6.jpg

    Plt Dirjen PPI-Ismail- Konpers ASO I-AYH-5.jpg

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA