FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 03-2022

    565

    Awas Hoaks! Mantan Mendikbud Meninggal Dunia

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Dalam media sosial WhatsApp beredar pesan berantai mengenai informasi Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA telah meninggal dunia pada 4 Maret 2022 pukul 05.10 WIB di Rumah Sakit Persahabatan.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari situs resmi Badan Wakaf Indonesia bwi.go.id, Sekretaris Badan Wakaf Indonesia, H. Sarmidi Husna memastikan kabar tersebut tidak benar atau hoaks.

    “Apabila ditemukan informasi tersebut diharapkan masyarakat tidak langsung percaya dan bisa mengecek dahulu kebenarannya,” tegas H. Sarmidi Husna

    Sekretaris Badan Wakaf Indonesia itu juga menambahkan, bahwa saat ini Prof. Mohammad Nuh dalam keadaan sehat dan sedang bersama keluarganya di Surabaya, Jawa Timur.

    Senada dengan itu, Putri Mohammad Nuh, Rachma Rizqina Mardhotillah, juga menyatakan bahwa mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dalam keadaan sehat.

    Adapun, diketahui bahwa pihak yang meninggal dunia ialah Muhammad Nuh mantan karyawan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Rumah Sakit Bunda Menteng, Jakarta, bukan Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA.

    Berikut laporan harian hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (15/03/2022):

    1. [HOAKS] Akun Twitter Mengatasnamakan PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi atau Flip
    2. [HOAKS] Paket 100 Botol Minyak Goreng Dalam Rangka Ulang Tahun Alfamart ke-23
    3. [HOAKS] Mantan Menteri Pendidikan RI Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA Meninggal Dunia

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Stiker di Mesin ATM Rekam PIN Nasabah

    Bank Indonesia membantah klaim tersebut dan tidak pernah mengeluarkan informasi seperti beredar di media sosial itu. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pelabuhan Merak Hancur, 12 Kapal Tenggelam

    Konon dalam unggahan tersebut menyebut ada 12 kapal yang tenggelam tergulung ombak. Selengkapnya

    Awas Disinformasi, Video Peringatan Air Laut Pasang Cilegon!

    Kabag Ops. Polres Cilegon Kompol Andi Suherman mengatakan video tersebut adalah kegiatan simulasi di PT Lotte Chemical. Selengkapnya

    Tiba di Yogyakarta, Menkominfo Akan Buka AMH 2022

    Menteri Johnny akan menghadiri dan membuka acara Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA