FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2022

    1209

    Hasilkan Warisan Masa Depan, Pemerintah Dorong Peran Y20 dan Pusat Studi

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Pembangunan yang berorientasi pada masa depan dengan prinsip keberlanjutan penting bagi kehidupan generasi mendatang.  Pemerintah telah menyiapkan generasi muda agar mampu merespons tren baru dalam pembangunan tersebut sekaligus menjawab tantangan global yang ada.

    Dalam momentum Presidensi G20 Indonesia ini, Pemerintah juga melibatkan peran generasi muda dalam Engagement Groups Youth20 (Y20). Generasi muda diharapkan mampu menghadapi tantangan global saat ini seperti gejolak geo-politik, pandemi Covid-19, perubahan iklim, dan digitalisasi. 

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan peluncuran G20 Studies Center yang merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan Universitas Pelita Harapan. Pendirian G20 Studies Center ini dilakukan karena G20 merupakan forum yang tepat untuk membangun dialog ide dan inovasi serta menjalin kerjasama antara civitas akademika dengan para pemangku kepentingan.

    “G20 Studies Center ini dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan warisan pengetahuan bagi generasi mendatang. Saya bangga dan berterima kasih kepada kepada pimpinan Universitas Pelita Harapan, Fakultas Ilmu Politik dan Sosial, dan para eksekutif G20 Studies Center Indonesia yang akhirnya mewujudkan peluncuran ini,” kata Menko Airlangga dalam acara peluncuran G20 Studies Center yang diselenggarakan secara virtual dari Jakarta Pusat, Jumat (25/02/2022).

    Dalam masa Presidensi G20 ini, Menko Airlangga mengatakan bahwa Indonesia melakukan pendekatan baru dengan berusaha memberikan hasil yang nyata, mendekatkan antara komunitas bisnis dengan pembuat kebijakan, dan memastikan koherensi dalam agenda yang dipromosikan oleh Working Groups dan Engagement Groups.

    Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Pemerintah akan bekerja secara inklusif dan kolaboratif untuk memajukan agenda yang relevan dengan semua yang sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia yaitu Recover Together, Recover Stronger.

    “Ke depan, saya yakin G20 Studies Center Indonesia ini dapat menjadi G20 Studies Center yang berbasis universitas pertama di Indonesia maupun di kawasan. Dan kami berharap G20 Studies Center ini juga dapat merespon studi geo-politik, geo-ekonomi baru di lingkungan pasca Covid-19. G20 Studies Center juga diharapkan dapat melibatkan dan menghadirkan para pakar global untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia,” pungkas Menko Airlangga.

    Berita Terkait

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Lewat PP No. 14/2024, Pemerintah Berikan THR dan Gaji ke-13 bagi ASN

    Pemberian THR dan gaji ke-13 ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh aparatur negara yang telah, sedang, dan ke depan akan te Selengkapnya

    Berikan Penghargaan Adipura 2023, Wapres Dorong Pemerintah Daerah Implementasikan Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu

    Wapres mendorong pemerintah daerah agar menerapkan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir. Selengkapnya

    Susun RKP 2025, Pemerintah Fokus Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

    Pada tahun 2025 pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 5,3-5,6 persen. Selain itu pemerintah juga menargetkan penuru Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA