FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 11-2021

    2021

    Hari Kesehatan Nasional ke-57 : Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku

    Kategori Artikel GPR | mth

    Pada 12 November 2021, Hari Kesehatan Nasional telah memasuki usia 57 tahun. Lima puluh tujuh tahun bukanlah usia yang singkat, ada banyak sekali perjalanan panjang yang harus ditempuh dengan berbagai tantangan dan hambatan yang ditemui serta capaian yang telah diraih dalam upaya pembangunan kesehatan di Indonesia.

    Seperti yang kita tahu, sudah hampir 2 tahun dunia dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang telah menginfeksi jutaan orang di dunia. Upaya promotif preventif rutin digaungkan agar penularan virus bisa ditekan. Mulai dengan penegakan protokol kesehatan 5M, penguatan 3T dan pelaksanaaan vaksinasi COVID-19. Ketiganya berjalan beriringan untuk memastikan kondisi COVID-19 yang terkendali. 

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 sebagai refleksi untuk bersyukur karena Indonesia telah berhasil menekan laju kenaikan kasus COVID-19. Bahkan mulai Agustus, penambahan kasus di Indonesia terus melandai. Kabar baik ini tidak luput dari kerja sama dan kerja keras seluruh komponen bangsa.

    Meski saat ini terjadi penurunan kasus di Indonesia,  namun kita harus tetap mewaspadai potensi penularan kasus. Terlebih saat ini juga adanya mutasi virus COVID-19 yang pergerakannya tidak bisa diprediksi. Potensi kenaikan kasus masih bisa terjadi manakala protokol kesehatan belum menjadi kebiasaan yang melekat dalam praktik kehidupan sehari-hari masyarakat.

    Seiring dengan penurunan kasus COVID-19 dan aktivitas masyarakat yang berangsur mulai pulih. Kondisi terkendali saat ini perlu ditingkatkan menuju transisi epidemologi menuju endemi dengan menerapkan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi dosis lengkap.

    Kebangkitan masyarakat dari kungkungan pandemi selama 2 tahun inilah, yang mendorong Kementerian Kesehatan untuk mengangkat tema “Sehat Negeriku, Indonesia Tumbuh” pada peringatan HKN tahun ini.

    Tema ini dipilih karena menggambarkan bangkitnya perjuangan, semangat dan optimisme seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu menyelesaikan pandemi COVID-19 demi terwujudnya Indonesia kembali sehat dan kembali tumbuh.

    “Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini menjadi momentum yang baik untuk kita mereview dan mengintrospeksi berbagai permasalahan dan kemajuan pembangunan kesehatan di Indonesia yang telah dilalui selama 57 tahun. Saat ini dan ke depannya  masih banyak tantangan yang perlu kita hadapi bersama. Dibutuhkan kolaborasi dengan semua pihak secara professional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19,” pesan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

    Berita Terkait

    Terima Kedatangan Tim Red Sparks, Menpora Dito Harap Berdampak Besar untuk Voli Indonesia

    Selengkapnya

    Hari Statistik Nasional 2023: Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju

    Selengkapnya

    Hari Ikan Nasional ke-9 : KKP Dorong Sektor Perikanan Jadi Penopang Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional

    Selengkapnya

    Hannover Messe 2021 Digital Edition: Potensi Indonesia Terapkan Industri 4.0

    Indonesia akan membuktikan diri kepada dunia sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan di sektor industri, terutama dalam penerapan t Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA