FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 01-2022

    2269

    Kominfo Jamin Sinyal Lancar di MotoGP Mandalika

    Kategori Artikel | doni003
    - (antarafoto)

    Gelaran MotoGP Mandalika 2022 diprediksi akan mendatangkan 60 ribu lebih penonton. Bahkan, Presiden Joko Widodo sudah meminta penyelenggara menambah kapasitas hingga 100 ribu.

    Momentum pergelaran ini menjadi ajang pembuktian Indonesia mampu mengelola ajang kelas dunia di tengah pandemi Covid-19. Antusiasme publik dalam dan luar negeri ajang balap motor kelas dunia memang begitu tinggi.

    Mengantisipasi animo publik yang tinggi tersebut tentu harus diiringi kesiapan Indonesia selaku tuan rumah. Baik sarana maupun prasarana.

    Setelah MotoGP pertama kali digelar di sirkuit Sentul Bogor pada 1997, baru kali ini Indonesia kembali menjadi tempat kompetisi adu pacu motor kelas dunia. Salah satu infrastruktur pendukung yang strategis adalah piranti teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

    Ajang MotoGP Mandalika 2022 tidak akan tersiar ke pelosok dunia jika kualitas telekomunikasinya tidak prima. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan infrastruktur TIK untuk gelaran MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung pada 18 hingga 20 Maret telah siap 100 persen.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menjelaskan pihaknya menyiapkan spektrum frekuensi yang tersedia untuk jaringan 4G maupun 5G. Kementerian Kominfo telah berkoordinasi dengan sejumlah operator di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memastikan jalur komunikasi lancar saat balapan berlangsung.

    "Sudah siap (infrastruktur TIK). Kita juga menyiapkannya bukan cuma untuk Maret 2022 saat MotoGP berlangsung, tapi juga ada preeliminasi atau tes pramusim Februari 2022. Ini juga kami berkomitmen sudah bagus, sudah baik infrastruktur komunikasi, teknologi informasi, dan komunikasinya," ujar Dirjen Usman Kansong, Sabtu (15/1/2022).

    Di samping itu, Kominfo juga terus melakukan penguatan infrastruktur TIK di kawasan dan desa-desa sekitar sirkuit MotoGP Mandalika. Dirjen Usman Kansong menilai, infrastruktur penunjang di sekitar kawasan sirkuit penting lantaran ada banyak penginapan atau homestay yang dapat digunakan para penonton balapan motor paling bergengsi di dunia tersebut.

    "Jika infrastrukturnya (TIK) baik, mereka yang menginap di sana bisa berkomunikasi dengan baik pula," kata Usman.

    Terkait sosialisasi soal MotoGP Mandalika 2022, Ditjen IKP Kementerian Kominfo juga terus berupaya agar masyarakat bisa mendapatkan akses informasi dan komunikasi terkait ajang adu balap motor gede itu. Upaya tersebut, antara lain, dengan memproduksi pemberitaan-pemberitaan, bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mendorong media-media massa utama dan media sosial memberitakan perhelatan MotoGP Mandalika. Termasuk memberitakan hal-hal detail, seperti ketersediaan akomodasi, ketersediaan tiket, harga tiket, dan homestay.

    Tidak hanya menguatkan jaringan 4G, Kementerian Kominfo juga menyiapkan layanan jaringan telekomunikasi 5G dalam MotoGP Mandalika 2022. Usai bertemu Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto belum lama ini, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan, jaringan 5G yang dibawa ke sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer itu bekerja pada spektrum frekuensi di 2,3 gigahertz (GHz) sehingga hanya berfungsi untuk beberapa jenis perangkat.

    Menkominfo mengaku, telah berkomunikasi dengan pabrikan pembuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3 GHz. Mereka, kata Johnny, telah membuka software-nya sehingga jaringan 5G akan hadir untuk perangkat telepon seluler tertentu ketika gelaran MotoGP seri kedua 2022 diadakan di Mandalika.

    "Sedangkan perangkat seperti Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 GHz belum tersedia. Karena spektrumnya masih digunakan bagi kepentingan pelayanan satelit dan bukan untuk telekomunikasi," kata Menteri Johnny.

    Adapun pengalaman untuk merasakan jaringan 5G akan diselenggarakan oleh tiga operator seluler, seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo.

    Layanan 5G ini akan ikut digelar ketika diadakan tes pramusim MotoGP, pertengahan Februari 2022 di Sirkuit Mandalika. Uji coba layanan 5G saat pramusim MotoGP 2022 dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesiapan Indonesia menyiapkan sisi telekomunikasi dan informatika untuk suksesnya MotoGP di Mandalika.

    Kominfo juga akan menggerakkan mobile unit dari Balai Monitoring Kominfo di Lombok. Mereka akan berkoordinasi dengan Balai Monitoring di Denpasar, Banyuwangi, dan Surabaya. Pergerakan tiap mobile unit Balai Monitoring bagi kepentingan keselamatan penerbangan merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika.

    Hadi Tjahjanto mengatakan agar penyelenggaraan MotoGP berjalan lancar, pihaknya akan melakukan tactical floor game, seperti simulasi bersama kementerian-kementerian terkait. Hasilnya kemudian dievaluasi untuk melihat apa saja yang perlu dibenahi sekaligus mengantisipasi permasalahan yang bakal timbul. 

    Pihak penyelenggara juga memastikan balap MotoGP Mandalika 2022 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bagi para pebalap dan kru akan mengikuti aturan travel bubble sejak tiba di bandara, tinggal di penginapan dan saat berada di arena balap sesuai ketentuan pemerintah.

    Adapun menyangkut penonton, dilakukan penyaringan melalui aplikasi PeduliLindungi, penyediaan fasilitas uji usap PCR dan antigen, hingga pengaturan kapasitas penonton di tribun agar kewajiban menjaga jarak tetap terpenuhi.

     

    Sumber : Indonesia.go.id

    Berita Terkait

    Kominfo Perkuat Ekosistem Digital Nasional

    Para pelaku usaha rintisan atau startup berbasis digital diharapkan dapat membangun strategi bisnis jangka panjang yang lebih efektif demi k Selengkapnya

    Kominfo Ajak Anak-Anak Belajar Pemrograman

    Pada 2023, pihak Kominfo menyediakan program pelatihan bagi anak-anak bernama Coding for Kids. Selengkapnya

    Unjuk Kecepatan Jaringan 5G di KTT G20 Bali

    Pelaksanaan KTT G20 di Bali dapat menjadi momentum penerapan jaringan 5G secara massal di Indonesia. Selengkapnya

    Kominfo Siapkan Layanan 5G di MotoGP Mandalika

    Layanan 5G akan hadir saat tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika pertengahan Februari 2022. Layanan itu sekaligus uji coba untuk melihat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA