FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 01-2022

    2262

    Menkominfo: Sukseskan Transformasi Digital dengan Paduan Technical dan Soft Skills

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menkominfo Johnny G. Plate saat mewakili Presiden Joko Widodo dalam Online Scholarship Competition (OSC) di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat, Sabtu (22/01/2022). - (AYH)

    Jakarta Barat, Kominfo - Paduan pembelajaran technical skills dan soft skills akan melahirkan kecakapan yang paling dibutuhkan di era revolusi industri 4.0.  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan dalam soft skills dikenal memiliki empat kecakapan yang disingkat 4C, yakni critical thinking, creativity, collaboration, serta communication.  

    “Kombinasi dari keempat kecakapan tersebut dinilai penting menyoal transformasi digital nasional. Kombinasi dari kecakapan- kecakapan inilah yang kemudian akan berperan besar dalam menyukseskan transformasi digital Indonesia,” ujarnya saat mewakili Presiden Joko Widodo dalam Online Scholarship Competition (OSC) di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat, Sabtu (22/01/2022). 

    Kombinasi yang sama, menurut Menkominfo juga dapat meningkatkan kompetensi juga daya saing talenta digital Indonesia baik untuk kepentingan domestik maupun di tingkat global.

    “4C soft skill berkaitan erat dengan aktifitas masyarakat Indonesia terutama generasi milenial dan generasi Z yang telah tumbuh sebagai social media natives,” ujarnya. 

    Meskipun demikian, Menteri Johnny menyatakan tidak semua masyarakat Indonesia sudah terliterasi digital dengan baik. Oleh karena itu, Pemerintah berupaya meningkatkan literasi digital masyarakat.

    “Jangan sampai kita tumbuh menjadi bangsa yang hanya mampu menggunakan media sosial saja, tetapi tidak memiliki kecakapan dan literasi digital yang memadai. Not only growing up as social media natives but also as digitally-literate nation,” jelasnya. 

    Oleh karena itu, Menkominfo mengajak penerus bangsa untuk harus mampu menjadi generasi inisiator, inventor, dan inovator agar dapat melihat peluang pada era digital dan kemudian memanfaatkannya untuk kebaikan bangsa dan negara.

    “Cara berpikir yang demikian sangatlah penting supaya kita tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga bisa menciptakan nilai-nilai tambah menuju era di mana kita menjadi bangsa produsen teknologi itu sendiri,” tandasnya. 

    Perkuat Sinergi 

    Menteri Johnny mengutip pernyataan pebisnis Steve Jobs mengenai technology is nothing. What's important is that you have a faith in people, that they are basically good and smart, and if you give them tools, they will do wonderful things with them. 

    “Pesan tersebut menegaskan bahwa di era yang serba digital, teknologi hanya menjadi instrumen dalam upaya menggapai asa bersama demi kemajuan bangsa,” ujarnya. 

    Menurut Menkominfo, Presiden Joko Widodo juga selalu berpesan untuk menyiapkan fondasi menuju Indonesia Maju.

    “Saya ingin kembali menyampaikan pesan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, karakter berani untuk berubah, mengubah, dan mengkreasi hal-hal baru merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju,” ujarnya.  

    Pesan Presiden Joko Widodo itu dipertegas melalui pembangunan SDM yang tetap menjadi prioritas di tengah era disrupsi digital. Bahkan ketka ketika kapabilitas manusia dihadapkan dengan kemajuan teknologi yang pesat. 

    “Sebab, akselerasi juga ditempuh dengan memperkuat sinergi dunia pendidikan dan industri serta pengembangan kewirausahaan melalui Program Merdeka Belajar,” jelas Menteri Johnny. 

    Menurut Menkominfo sinergitas itu diharapkan dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan SDM nasional, sekaligus meningkatkan daya saing industri dan produk dalam negeri. 

    “Mari terus perkuat kolaborasi untuk terus membangun SDM unggul Indonesia menuju bangsa yang maju, bangsa yang berdaulat, bangsa yang adil, dan makmur,” ajaknya. 

    Dalam Online Scholarship Competition  atau OSC Tahun 2021 hadir Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat secara virtual, Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation/CEO Media Group Moh Mirdal Akib, CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata, serta para Rektor dan Wakil Rektor Perguruan Tinggi Swasta Mitra OSC.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA