FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 01-2022

    1677

    Wapres Tinjau Daerah Terdampak Gempa Bumi di Pandeglang Banten

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Gempa tektonik yang terjadi di Provinsi Banten pada Jumat (14/01/2022) membawa dampak kerusakan pada rumah-rumah penduduk di beberapa wilayah. Untuk menangani dampak tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) melakukan aksi sigap di lapangan.

    “Bu Menteri Sosial, Kepala BNPB terus di lapangan memantau keadaan termasuk juga fasilitas umum, kesehatan, pendidikan yang rusak akan terus diperbaiki,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat memberikan keterangan pers usai meninjau lokasi pascagempa di Desa Munjul, Kampung Cibeulah, Pandeglang, Banten, Kamis (20/02/2022).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, beberapa langkah cepat yang telah dilakukan adalah penyediaan tempat tinggal sementara dan bantuan makanan.

    “Sementara ini Bu Mensos membuatkan tenda sementara dan juga diberikan bantuan-bantuan untuk konsumsi,” urai Wapres.

    Untuk jangka panjang, tambahnya, melihat lokasi kejadian yang dinilai sebagai zona merah terjadinya bencana, pemerintah akan melakukan pemetaan dan kemungkinan relokasi penduduk ke tempat yang lebih aman.

    “Karena melihat sering terjadi gempa dan juga korban terus menerus dan ketidaktenangan, ini sedang dipetakan oleh pemerintah, sedang dipikirkan,” ungkap Wapres.

    “Pemerintah sedang memikirkan karena daerah ini adalah jalur merah,” lanjutnya.

    Dalam peninjauan ini, Wapres juga menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako dan 500 paket peralatan sekolah. Bantuan diserahkan kepada 10 orang perwakilan penerima yang terdiri dari 5 orang masyarakat dan 5 anak-anak.

    Menggunakan Helikopter Kepresidenan Super Puma VVIP, Wapres beserta rombongan terbatas lepas landas dari Lapangan Monumen Nasional Jakarta menuju Helipad Lapangan Pesanggrahan, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten pada pukul 08.30 WIB.

    Setibanya di Munjul, Wapres disambut oleh Kepala BNPB Suharyanto, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Pangdam III/Siliwangi Agus Subiyanto, Kapolda Banten Rudy Heriyanto, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita untuk selanjutnya meninjau secara langsung lokasi terdampak bencana gempa di Kampung Cibeulah.

    Peninjauan diagendakan selama 60 menit dan selanjutnya Wapres beserta rombongan terbatas menuju Helipad Lapangan Boru, Serang, dengan menaiki Helikopter yang sama.

    Setibanya di Serang, Wapres akan disambut oleh Walikota Serang Syafrudin dan langsung menuju ke Pendopo Gubernur Banten di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Jalan Syekh Moh. Nawawi Al Bantani. Selanjutnya, Wapres akan memimpin Rapat Sosialisasi Mal Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM serta meninjau stan UMKM di lokasi pendopo tersebut.

    Hadir mendampingi Wapres dalam peninjauan ini Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala BNPB Suharyanto, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita. Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini Plt. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

    Berita Terkait

    Awas Disinformasi! Gempa Besar Guncang Jakarta

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim yang menyebutkan bahwa Jakarta diguncang oleh gempa Selengkapnya

    Kominfo Serahkan Donasi untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

    Donasi yang dikumpulkan sivitas Kementerian Kominfo itu ditujukan untuk membantu meringankan penderitaan korban gempabumi Cianjur Jawa Barat Selengkapnya

    Wapres Minta Rakyat Masak Pakai Kayu Bakar? Awas Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta tangkapan layar artikel berita tersebut adalah hasil suntin Selengkapnya

    Menkominfo Akan Tinjau Pembangunan Stasiun Bumi di Kupang

    Dalam kunjungan kerja selama dua hari, Menteri Johnny juga diagendakan untuk menyaksikan dan berdialog dengan penerima beasiswa pelatihan ba Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA