FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 01-2022

    1015

    Pemadaman Listrik di Wilayah Indonesia, Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Jejaring dunia maya diramaikan dengan konten unggahan berisi informasi PT PLN (Persero) akan melakukan pemadaman listrik di sejumlah wilayah Indonesia.  Konon, dalam unggahan itu terdapat keterangan mengenai daftar dan jadwal pemadaman listrik akibat krisis pasokan batu bara.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, informasi pada unggahan yang mengklaim bahwa akan ada pemadaman listrik akibat krisis batu bara tersebut adalah tidak benar, dan bukan merupakan informasi resmi yang dipublikasi oleh PT PLN (Persero).

    Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengklarifikasi bahwa gambar berupa data yang terdapat pada unggahan adalah data lama.

    “Saat ini kebutuhan batu bara sudah terpenuhi dan tidak ada pemadaman listrik seperti yang disebutkan pada unggahan,” tegasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (11/01/2021):

    [HOAKS] Penyebaran Varian Omicron Lebih Cepat dari Jadwal Mei 2022

    [HOAKS] Tes PCR Tidak Mampu Membedakan Virus SARS-Cov-2 dan Influenza

    [HOAKS] Pemadaman Listrik di Sejumlah Wilayah Indonesia akibat Krisis Batu bara

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kepala Bidang di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Buleleng

    Berita Terkait

    Pos Indonesia Bagikan Subsidi Ekonomi Nasional ? Itu Hoaks!

    Ternyata klaim PT Pos Indonesia bagikan subsidi ekonomi nasional Rp2 juta tidak benar. Selengkapnya

    Mobil Ambulans Melaju Tanpa Sopir, Awas Disinformasi!

    Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto Anasim menyatakan, video itu direkam di Kota Ampana dan ada sopir yang mengemudikan ambulans itu. Selengkapnya

    Peringatan Serangan Gangster di Jabodetabek? Hoaks!

    Selengkapnya

    Bank akan Tarik Kartu ATM? Awas Hoaks!

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA