FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2021

    2432

    Indonesia Tegaskan Komitmen Dukung Kesetaraan Gender

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Pemerintah  Indonesia menegaskan komitmen mendukung kesetaraan gender melalui peningkatan peran perempuan di tingkat nasional maupun global.

    "Di tingkat nasional, Pemerintah Indonesia terus mendorong keterlibatan dan peran perempuan dalam pengambilan keputusan publik. Sedangkan di tingkat regional dan global, perempuan Indonesia diasah untuk mampu berkontribusi dalam proses perdamaian dunia, seperti di Afghanistan," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam G20 Women's Empowerement Kick-Off Meeting yang berlangsung virtual dari Jakarta, Rabu (22/12/2021).

    Menurut Menlu, Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap pemberdayaan perempuan untuk kemanusiaan dunia. Diantaranya dengan menyediakan dan membuka pelatihan bisnis untuk wanita Palestina yang tinggal di pengungsian. “Indonesia juga menyediakan pelatihan untuk diplomat muda wanita di Asia Tenggara," ungkapnya.

    Menlu Retno menyatakan Presidensi G20 Indonesia menjadi momentum untuk menunjukkan kepada dunia mengenai kemampuan Indonesia dalam menjawab berbagai tantangan internasional terlebih di sektor pemberdayaan perempuan.

    "Indonesia akan memberikan perhatian terhadap peningkatan peran wanita dalam Presiden G20. Wanita juga berperan dalam transformasi digital dan transisi energi," tandasnya.

    Meskipun demikian, Menlu Retno menyatakan arti penting perubahan dan kesamaan pola pikir masyarakat berkaitan dengan kesetaraan gender, khususnya dalam menyikapi berbagai persoalan di daerah konflik seperti Afghanistan dan Palestina.

    “Dengan pendidikan, advokasi, serta kepedulian maka masalah ketidaksetaraan terhadap wanita dapat diatasi,” tegasnya.

    Berita Terkait

    Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah

    Menlu Retno telah melakukan komunikasi intensif dengan para pemimpin dunia, termasuk Menteri Luar Negeri dari Iran, Arab Saudi, Yordania, Me Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    Indonesia Akan Ukir Sejarah Baru Layanan Digital Terpadu

    Pelayanan publik ke depan menerapkan konsep terpadu dalam melayani perjalanan hidup manusia, moments of life. Seperti di luar negeri, layan Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA