FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 12-2021

    1368

    Lestarikan Budaya, Kominfo Dukung Kolaborasi Digitalisasi Tiga Aksara Nusantara

    SIARAN PERS NO. 445/HM/KOMINFO/12/2021
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 445/HM/KOMINFO/12/2021

    Selasa, 14 Desember 2021

    Tentang

    Lestarikan Budaya, Kominfo Dukung Kolaborasi Digitalisasi Tiga Aksara Nusantara

    Tiga aksara Nusantara Sunda, Jawa dan Bali mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Standar itu diberikan untuk pembakuan papan tombol (keyboard), font dalam perangkat digital serta serta transliterasi dengan NSG.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung kolaborasi digitalisasi aksara nusantara sebagai upaya pelestarian budaya. Inisiatif Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang dimulai Januari Tahun 2021 itu juga mendapatkan dukungan dari kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, badan bahasa, universitas serta komunitas penggiat aksara.

    "Digitalisasi telah menjadi jembatan untuk menyaksikan konvergensi budaya yang dibawa oleh masing-masing penggunanya dengan tingkat penggunaan ruang digital yang semakin tinggi. Setiap penggunaan ruang digital di Indonesia memiliki peranan dalam melestarikan budaya nusantara," tutur Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Slamet Santoso dalam Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara di Kuningan, Jakarta Selatan Selasa (14/12/2021).

    Menurut Sesditjen Slamet Santoso, digitalisasi telah menjadi suatu bagian yang tidak terelakan di berbagai sektor dan berbagai aktivitas masyarakat.  "Selebrasi Aksara Nusantara hari ini merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap upaya untuk mengurangi kesenjangan digital antara aksara latin dan aksara nusantara," ujarnya.

    Momentum selebrasi ditargetkan dapat memperluas penggunaan aksara nusantara di perangkat digital. "Sekaligus menjadi tonggak digitalisasi aksara nusantara dan sebagai salah satu bentuk pemajuan budaya nusantara secara umum di dunia digital," tegas Sesditjen Aptika Kementerian Kominfo.

    Tonggak Digitalisasi

    Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menyatakan digitalisasi dinilai sangat tepat dalam menghadapi perkembangan zaman.

    "Kita terus berupaya menggunakan aksara daerah dengan perangkat yang ada. Digitalisasi aksara nusantara dipandang perlu dilakukan untuk tetap bisa melestarikan aksara nusantara, " ungkapnya.

    Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo, menuturkan bahasa dan aksara menunjukan karakter, identitas, dan budaya bangsa. Oleh karena itu, PANDI ingin memberi sinyal hadirnya negara dengan menggandeng para pegiat aksara.

    "PANDI hanyalah berusaha memberikan kontribusi kecil melalui lokomotif terhadap digitalisasi aksara nusantara, lebih dari itu ada para pegiat aksara nusantara yang tak kenal lelah bekerja mengupayakan pelestarian dan penggunaan aksara nusantara," jelasnya.

    Sebagai tindak lanjut dari penetapan SNI Aksara Nusantara, selebrasi dapat menjadi tonggak digitalisasi aksara nusantara. Sekaligus menjadi momentum memperluas penggunaan Aksara Nusantara di perangkat digital.  

    Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara ditandai dengan uji coba langsung papan tombol Aksara. Hadir dalam acara itu, Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Doddy Rahadi; Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Endang Aminudin; Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Jazziray Hartoyo; dan Perwakilan Tokoh Digitalisasi aksara nusantara Richard Mengko.

    Empat gubernur dan dua walikota juga memberikan sambutan video, antara lain Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono, Walikota Bogor Bima Arya, serta Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA