FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2021

    2223

    [HOAKS] Detoks Mandi dengan Ramuan Soda Kue, Garam Epsom, Boraks, dan Tanah Liat Bentonit Dapat Menghilangkan Kandungan Vaksin Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang berisikan narasi membagikan resep mandi yang didapatkan dari Dr. Carrie Madej. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahan-bahan yang digunakan adalah soda kue, garam epsom, boraks, dan tanah liat bentonit. Metode mandi ini diklaim dapat menghilangkan kandungan vaksin Covid-19 bagi orang-orang yang terpaksa divaksin.

    Dilansir dari factcheck.org, klaim bahwa mandi dengan menggunakan ramuan soda kue, garam epsom, boraks, dan tanah liat bentonit dapat menghilangkan kandungan vaksin Covid-19 adalah salah. BPOM Amerika Serikat, FDA mengatakan bahwa vaksin Covid-19 mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya dan telah dilakukan uji klinis untuk menentukan keamanan dan efektivitasnya. Ahli toksikologi molekuler dari Universitas Adelaide di Australia, Dr. Ian Musgrave juga menegaskan bahwa metode dari metode mandi yang digunakan tidak dapat menghilangkan efek vaksin dan justru dapat berpotensi membahayakan. Dari klaim yang beredar di media sosial, Musgrave mengatakan bahwa bahan-bahan yang digunakan tersebut hanya akan menghilangkan air, tetapi bukan dalam molekul besar seperti klaim yang diasosiasikan dengan vaksin, sehingga tidak dapat melewati jaringan pembatas pada tubuh.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Menteri Agama Larang Tarawih dan Tadarus Menggunakan Pengeras Suara

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Moeldoko Mengancam Profesor, Cendekiawan dan Akademisi yang Telah Mendeklarasikan Seruan Kebangsaan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Poster Mengatasnamakan Dewan Pusat AS dan Dewan Pusat PBB terkait Pengungsi yang Masuk ke Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ajakan Investasi dengan Keuntungan Berlipat Mencatut Bank Indonesia

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA