FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 11-2021

    5333

    [DISINFORMASI] Pfizer Menambahkan Zat yang Digunakan untuk Menstabilkan Korban Serangan Jantung ke dalam Vaksin Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan di media sosial Twitter yang menyatakan bahwa Pfizer menambahkan zat yang digunakan untuk menstabilkan korban serangan jantung ke dalam vaksin Covid-19. Zat tersebut berupa Tromethamine yang dicampurkan ke dalam vaksin Covid-19 dan disuntikkan kepada anak-anak usia 5-11 tahun yang diklaim menyebabkan efek samping terhadap jantung.

    Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa Pfizer menambahkan zat yang digunakan untuk menstabilkan korban serangan jantung ke dalam vaksin Covid-19 adalah keliru. Dilansir dari kumparan.com yang mengutip dari AFP, dalam dokumen Pfizer yang diserahkan kepada BPOM Amerika Serikat (FDA) tidak ada kandungan Tromethamine pada formula asli Pfizer, namun Juru Bicara Pfizer, Kit Longley menyampaikan bahwa penambahan Tromethamine adalah untuk menyederhanakan dan memperpanjang masa simpan vaksin. Formula baru Pfizer tersebut tidak hanya ditambahkan ke dalam vaksin Covid-19 untuk anak-anak, tetapi ditambahkan juga ke dalam vaksin Covid-19 dengan penerima di atas usia 12 tahun. Kit Longley juga menambahkan bahwa tidak ada bukti efek samping terhadap jantung dari vaksin Pfizer.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Serpihan Batu yang Berasal dari Ulekan Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Dokter Anjurkan untuk Suntik Vaksin Covid-19 di Alat Kelamin Pria

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Darurat Keamanan Nasional, Tentara Nasional Indonesia Dikerahkan untuk Amankan Badan Pengawasan Pemilu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Anwar Usman Kembali Menjabat sebagai Ketua MK untuk Menggagalkan Pengajuan Banding Kecurangan Pilpres 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA