FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 11-2021

    723

    Indonesia Siapkan Nuklir Hancurkan China, Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar konten unggahan di platform Youtube berjudul “BERITA TERKINI - BIKIN GEGER DUNIA, INDONESIA SIAPKAN BOOM NUKLIR HANCURKAN CHINA”.  Dalam thumbnail video diperlihatkan gambar sebuah kota dan beberapa persenjataan yang diklaim sebagai persenjataan nuklir.

    Konon, unggahan video tersebut telah ditonton oleh sejumlah netizen dimana video tersebut memberikan informasi seolah Indonesia sedang melakukan persiapan untuk menyerang Cina. 

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari cekfakta.tempo.co, diketahui bahwa klaim Indonesia tengah mempersiapkan persenjataan nuklir guna melakukan penyerangan terhadap Cina tersebut adalah keliru dan tidak memiliki sumber kredibel.

    Dari hasil penelusuran, isi video yang berdurasi 10:05 tersebut menampilkan beberapa cuplikan video yang pernah diunggah oleh beberapa channel YouTube, namun mayoritas cuplikan video tersebut diambil dari beberapa channel YouTube luar negeri.

    Saat ini Indonesia masih terkait perjanjian dengan negara-negara anggota ASEAN terikat kawasan bebas senjata nuklir atau Southeast Asia Nuclear Weapon Free-Zone (SEANWFZ) atau Traktat Bangkok yang ditandatangani pada 15 Desember 1995.

    Berikut laporan isu harian hoaks, dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, Minggu (07/11/2021):

    [DISINFORMASI] Video "KABAR DUKA Dari Presiden Jokowi, Kondisi Kesehatan Jokowi Lebih LEMAH Dari PERKIRAAN Kita, Mohon Doa"

    [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Bupati Pelalawan H. Zukri Misran

    [DISINFORMASI] Indonesia Siapkan Persenjataan Nuklir untuk Menyerang Cina

    Berita Terkait

    Wabah Pneumonia Cina Varian Baru Covid-19, Awas Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    Kematian Petugas KPPS Pemilu 2019 Karena Diracun? Awas Disinformasi!

    Konon, dalam narasi video dinyatakan bahwa IDI sepakat memutuskan bahwa penyebab kematian tersebut karena diracun, bukan karena kelelahan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA