FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 11-2021

    330

    Ada Pembegalan di Kediri, Jawa Timur? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Sebuah konten video memperlihatkan dua orang laki-laki mengalami luka dan kehilangan sepeda motor Yamaha Vixion serta dua unit ponsel.

    Konon, konten yang tersebar di media sosial Facebook itu memuat informasi tentang adanya peristiwa pembegalan di Jalan Bulak Kunjang Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari faktualnews.co. Klarifikasi dari Kapolsek Ngancar AKP Priyo Eko Harsono menunjukkan informasi itu hoaks.

    Priyo menjelaskan, anggotanya juga telah menghubungi Kepala Dusun (Kasun) setempat, warga setempat serta melakukan pengecekan di klinik Mardi Rahayu dan klinik Kusuma Desa Bedali, Kabupaten Ngancar dan ternyata kejadian tersebut tidak ada.

    “Saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak percaya dengan informasi  bohong maupun informasi yang belum ada keterangan resminya,” imbuhnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (05/11/2021):

    [DISINFORMASI] Penerima Vaksin Covid-19 Berisiko Lebih Tinggi Terkena Limfoma dan Autoimun

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kasi Intel Kejari Nganjuk

    [DISINFORMASI] Informasi 3 Guru Besar UGM Tewas saat Kecelakaan di Tol Cipali

    [HOAKS] Pembegalan di Ngancar Kediri

    Berita Terkait

    Video Gempa Banten 14 Januari 2022? Awas Disinformasi!

    Kabar tersebut terbantahkan dengan adanya lapoaran yang dikutip dari cek fakta liputan6.com, video tersebut merupakan rekaman peristiwa gemp Selengkapnya

    Pemadaman Listrik di Wilayah Indonesia, Awas Hoaks!

    Konon, dalam unggahan itu terdapat keterangan mengenai daftar dan jadwal pemadaman listrik akibat krisis pasokan batu bara. Selengkapnya

    Ukuran KK Terbaru Seperti KTP? Awas Hoaks!

    Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri saat ini memang telah memberikan inovasi pelayanan cetak Kartu Keluarga online secara mandiri di rum Selengkapnya

    Tautan Penerima BLT UMKM Januari 2022, Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari antaranews.com, tautan yang tersebar di Facebook itu d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA