FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 11-2021

    1433

    Jelang ASO dan World Superbike, Kominfo Monitor Spektrum Frekuensi Radio di NTB

    Kategori Berita Kominfo | adhi004
    Foto udara tikungan ke 10 di lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (3/11/2021). - (antarafoto)

    Mataram, Kominfo - Menjelang penerapan Analog Switch Off (ASO) dan perhelatan World Superbike di Sirkuit Mandalika, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus meningkatkan monitoring dan pengawasan penggunaan spektrum frekuensi radio di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

    Direktur Pengendalian, Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Sabirin Mochtar menyatakan upaya itu ditujukan untuk menjamin frekuensi yang digunakan bersih dari gangguan.

    "Frekuensi radio yang digunakan harus clear, jangan sampai siaran langsung terganggu," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Spektrum Frekuensi Radio dan Implementasi TV Digital di Mataram, Rabu (03/11/2021).

    Direktur Sabirin mengatakan pengawasan terhadap kepatuhan pengguna frekuensi radio merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

    “Kementerian Kominfo bertugas melakukan pengawasan terhadap pengguna spektrum frekuensi, penggunaan pita frekuensi, dan alat perangkat yang digunakan,” tandasnya.

    Direktur Pengendalian Ditjen SDPPI mennjelaskan pengawasan terhadap penggunaan spektrum frekuensi radio mencakup sisi administrasi dan teknis.

    Menurutnya, Kementerian Kominfo melalui Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram memiliki tugas untuk mengawasi pengguna spektrum frekuensi radio di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat agar menggunakan frekuensi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    "Ini merupakan tugas teman-teman di balai monitor di daerah," jelasnya.

    Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Monitor SFR Kelas II Mataram Sunardi, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB Najamuddin Amy, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah NTB Ajeng Roslinda Motimori, serta perwakilan Dinas Kominfo kabupaten dan kota di Provinsi NTB.

    Berita Terkait

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Jelang KTT AIS Forum 2023, Kominfo Luncurkan AISPedia

    AISPedia merupakan kelanjutan kerja-kerja komunikasi publik yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    Dukung KTT ke-42 ASEAN, Kominfo Amankan Frekuensi Radio

    Monitoring frekuensi radio untuk memastikan seluruh penggunaan frekuensi aman. Selengkapnya

    Gelar Wayang Santri, Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai DBD

    Peningkatan kewaspadaan masyarakat tersebut penting karena data Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah kasus DBD pada 2022 mencapai 131.26 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA