FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 11-2021

    1272

    Manfaatkan Teknologi, Wapres: Pelayanan Publik Harus Sederhana dan Kompetitif

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Samarinda, Kominfo – Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu fokus kerja pemerintah di bidang reformasi birokrasi. Seiring perkembangan zaman, kualitas yang diberikan dituntut untuk dapat menyeimbangi dinamika masyarakat yang semakin dinamis. Oleh karena itu, ke depan, pelayanan publik harus semakin sederhana dan kompetitif.

    “Dinamika masyarakat menuntut pelayanan publik yang lebih cepat dan mudah. Penyelenggaraan pelayanan publik ke depan harus semakin sederhana dan kompetitif, seiring penggunaan teknologi yang semakin masif,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat memimpin Rapat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Timur dan Bupati/Walikota di Samarinda, Selasa (2/11/2021).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, bahwa kualitas pelayanan publik merupakan salah satu ujung tombak dari keberhasilan reformasi birokrasi dan merupakan wujud dari kepuasan masyarakat. Untuk itu, guna menyukseskan upaya peningkatan kualitas ini, diperlukan sinergi antar masyarakat dan pemerintah guna terciptanya kualitas pelayanan yang baik.

    “Pelayanan publik yang baik tercipta melalui kohesi sinergis antara Pemerintah dengan masyarakat. Peran masyarakat penting dalam mendorong kualitas pelayanan publik. Hal ini karena masyarakat melalui fungsi kontrol dan aspirasinya memberikan respon dan masukan untuk memotivasi perbaikan dan inovasi yang tiada henti,” urai Wapres.

    Di sisi lain, tambah Wapres, tujuan akhir dari pelayanan publik adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, penguatan atau intervensi dari pusat yang kemudian diselaraskan dengan program pemerintah daerah dan dunia usaha menjadi penting agar pelayanan publik dapat lebih adaptif dan berdaya saing.

    “Saya berharap agar kualitas SDM aparatur penyelenggara pelayanan publik terus meningkat sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik. Konsolidasi, kolaborasi, dan sinergi antara Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah lain, serta dengan dunia usaha harus senantiasa diperkuat agar pelayanan publik menjadi lebih adaptif dan berdaya saing,” pungkas Wapres.

    Di tempat yang sama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melaporkan jenis-jenis pelayanan publik yang dilakukan di wilayah Kalimantan Timur serta upaya peningkatan kualitas yang telah dijalani. Ke depan, ia berharap agar sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam segala bidang, salah satunya di bidang reformasi birokrasi dapat berjalan dengan sinergis dan harmonis.

    “Kami berharap, pemerintah pusat terus mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan dan pemberdayaan masyarakat, sekaligus dukungan terhadap pelayanan publik dengan regulasi yang efektif,” tandasnya.

    Sumber

    Berita Terkait

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    Wapres Harapkan Pers Indonesia Jaga Integritas dan Independensi

    Wapres berharap pers Indonesia tetap mampu menjaga integritas dan independensinya. Selengkapnya

    Buka Perdagangan BEI Tahun 2024, Wapres Paparkan Strategi Majukan Pasar Modal Indonesia

    Pemanfaatan platform digital ini akan semakin mempermudah akses pasar modal dan menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda dan mileni Selengkapnya

    Wapres Minta Generasi Penerus Gali Potensi dan Tingkatkan Kompetensi

    Wapres mengajak generasi muda untuk aktif menciptakan terobosan baru dan ikut serta dalam memajukan negeri. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA